Februari 3, 2023
Spread the love

Transmisi otomotif umumnya memiliki umur yang relatif panjang. Namun, tidak ada salahnya mengenali tanda-tanda masalah penularan. Sehingga bisa segera diperbaiki dan kerusakannya tidak meluas.

Berikut adalah 10 tanda yang harus Anda ketahui tentang pengiriman yang bermasalah, dikutip dari situs resmi Daihatsu.

1. Balas terlambat  slot hoki

Saat pedal akselerator ditekan, mesin bergemuruh, tetapi mobil bergerak dengan kecepatan lambat yang tidak normal. Ketika ini terjadi, sangat kecil kemungkinan pelat kopling kendaraan Anda akan bergerak. Khususnya, dalam kasus transmisi otomatis, kinerja badan katup dapat menurun.

2. Sistem transmisi suara buzz

Awalnya, suara mendesis itu seperti suara mesin. Namun, seiring berjalannya waktu, suara itu semakin keras, menghasilkan suara yang mirip dengan ketukan benda tajam. Kegagalan mekanisme transmisi karena kurangnya gaya yang kuat menyebabkan berbagai komponen perangkat transmisi saling bertabrakan sehingga menghasilkan suara. oli transmisi penggerak.

3. Kebocoran oli transmisi

Kebocoran oli transmisi bisa dibilang merupakan masalah yang paling mudah untuk diidentifikasi. Cairan transmisi otomatis kendaraan sangat penting untuk kemampuan perpindahan gigi sehingga kebocoran sedikit saja dari transmisi kendaraan otomatis dapat menyebabkan masalah serius.

Warna cairan transmisi otomatis mobil biasanya berwarna merah cerah, bersih, dan memiliki bau yang sedikit manis. Cairan transmisi yang harus segera diganti berwarna hitam dan berbau menyengat.

Untuk transmisi manual, memeriksa cairan transmisi tidak semudah membuka kap mesin dan menarik dipstick. Namun, Anda harus membuka sendiri kotak transfer karena Anda memerlukan bantuan profesional.

Ada banyak penyebab mobil bergetar. Pada mobil matic, masalah pada mesin dan transmisi bisa terjadi. Periksa lapisan kopling kendaraan Anda karena mungkin mulai aus dan lapisan kopling menjadi tidak rata.

5. Bau Terbakar

Jika Anda tiba-tiba mencium bau minyak yang terbakar, Anda tidak akan mencium bau martabak manis di tengah gubuk. Ini karena transmisi terlalu panas dan harus dilumasi.

Pada dasarnya fungsi pelumas adalah untuk menjaga kestabilan suhu komponen yang dilumasi serta membantu kelancaran pergerakan komponen. Beberapa kendaraan juga memiliki pendingin transmisi kecil yang berfungsi untuk mendinginkan pelumas.

Pada umumnya bila bau oli yang terbakar menandakan perpindahan panas yang berlebihan, hal itu karena jumlah pelumas yang sedikit akibat kebocoran atau pelumas yang kotor.

6. Sulit untuk mengubah persneling

Kondisi ini biasa terjadi pada transmisi manual. Sulit untuk memindahkan gigi dari netral ke yang pertama, dan diagnosis awal adalah bahwa ada masalah dengan tuas intake yang bertanggung jawab untuk memindahkan gigi, atau tuas yang menghubungkan tuas ke apa yang biasa disebut garpu kopling.

Kopling tersebut dapat berupa sabuk kopling pada mobil lama atau kopling utama pada mobil baru. Diagnosis lain adalah komponen tersebut aus atau berkarat dan perlu segera diganti.

Lampu Check Engine merupakan peringatan pertama jika terjadi kerusakan pada sistem penggerak transmisi. Lampu check engine mungkin merupakan tanda kerusakan pada komponen lain yang tidak terkait dengan transmisi. Jadi, jangan langsung menyalahkan infeksi saat lampu ini menyala.

Mobil modern memiliki sensor yang dipasang di setiap bagian mesin, yang mengirimkan informasi ke komputer saat komponen tertentu rusak. Dalam hal transmisi, sensor dapat mengenali getaran dan mengidentifikasi masalah sebelum pengemudi mengenalinya. Jika suasana hati Anda berubah atau Anda merasa aneh, jangan diam.

8. Kebisingan Netral

Tentu saja, ada juga suara yang tidak boleh keluar begitu mengganggu. Kebisingan dapat disebabkan oleh bantalan yang aus, terutama pada perangkat input. Jika hal ini terjadi, segera periksa ke bengkel.

9. Slip Gigi

Biasanya, dalam fungsi shift, persneling kendaraan ditahan pada posisi yang ditentukan oleh pengemudi, atau sistem komputer menggerakkan persneling itu sendiri dalam kisaran putaran tertentu per menit. Namun, saat meluncur, gigi tiba-tiba berubah posisinya. Misalnya, perpindahan gigi secara tiba-tiba dari gigi ke-3 ke netral.

Sangat berbahaya jika roda tiba-tiba kehilangan tenaga saat melaju dengan kecepatan tinggi. Karena Anda bisa kehilangan kendali. Jelas masalahnya ada di transportasi, jadi saya segera memeriksanya.

10. Seret Spacer

Tarikan kopling terjadi karena piringan kopling tidak terlepas dari roda gila saat pedal kopling diinjak. Kondisi ini membuat pengemudi tidak bisa mengganti gigi karena kopling masih terlibat dalam putaran mesin.

Jika gaya diterapkan, itu membuat suara menarik seperti mesin penggiling. Penyebab kopling terlepas adalah kendurnya pedal kopling yang berlebihan. Banyak kopling yang kosong sehingga kabel atau kontak antara pedal kopling dan piringan tidak cukup memisahkan piringan kopling dari roda gila (atau pelat penekan).

Sumber: Otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *