Februari 3, 2023
Spread the love

Fakta lain, maskapai nasional ini kandas. Baru-baru ini, Pengadilan Negeri Surabaya menyatakan pailit maskapai Mirvati.

Pada tahun 2021, jauh sebelum Merpati Airlines bangkrut, Menteri BUMN Eric Thohir membubarkan tujuh BUMN yang sudah tidak beroperasi sejak 2008, salah satunya adalah PT Merpati Nusantara Airlines (Persero).

Kini perusahaan tersebut telah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Surabaya yang resmi mendirikan PT Merpati Airlines. slot judi terpercaya

Putusan pailit Merpati Airlines dikeluarkan pada 14 November 2018 dalam Surat Damai No. Berdasarkan sertifikasi 04/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Niaga.

Berikut Fakta Kepailitan PT Merpati Airlines (Persero) 

1. Sejarah Singkat

Merpati Nusantara Airlines telah memiliki sejumlah sejarah penerbangan. Merpati Nusantara Airlines adalah salah satu maskapai penerbangan nasional milik pemerintah Indonesia. Didirikan pada tahun 1962, Merpati memiliki pusat operasi di Jakarta, Indonesia.

Pada tahun 1971, pemerintah mulai mempercayai Merpati, dan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 70, status Merpati dialihkan dari Badan Usaha Milik Negara (PN) menjadi PT, Persero. Merpati Nusantara Airlines.

Kamar mandinya sendiri bisa menampung hingga 100 unit. Kemudian, pada tahun 1991, dibangun Pusat Perawatan Pesawat MMF Merpati (Merpati Maintenance Facility) di Bandara Juanda Surabaya.

Pada saat itu, maskapai ini menawarkan penerbangan domestik dan internasional ke wilayah Timor-Leste dari hubnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kemudian, dari tahun 1975 hingga 1977, Merpati memulai bisnis besar, berpartisipasi dalam perjalanan ziarah dan imigrasi.

Namun, rute ini dihentikan pada tahun 1978 dan Merpati berfokus pada layanan penerbangan unggulan, penerbangan lintas batas, penerbangan imigrasi, dan penerbangan grosir domestik dan internasional.

Namun sayang, masa kejayaan Merpatti Airlines harus berakhir pada 1 Februari 2014, ketika semua penerbangan dibatalkan karena kesulitan keuangan karena berbagai utang.

Pemerintah mengaku sedang mencari jalan keluar melalui menteri BUMN saat itu, Dahlan Iskan, melalui kemungkinan penjualan aset.

2. Tidak bekerja sejak 2014

Merpatti Airlines tidak beroperasi sejak 2014, dan AOC (Airline Certification), yang merupakan persyaratan operasional utama maskapai, dihapuskan pada 2015.

3. Utang Rp 10,9 triliun, modal pasif Rp 1,9 triliun

Perjanjian penyelesaian yang telah disahkan oleh Pengadilan Niaga Surabaya pada tanggal 14 November 2018, menyetujui bahwa pembayaran kepada pihak ketiga, termasuk pembayaran pesangon, akan dimulai setelah Merpatti Airlines kembali beroperasi.

Namun, hingga persetujuan dicabut, satu-satunya calon investor yang menyatakan minatnya tidak bisa menghimpun dana. Laporan audit Merpati Airlines tahun 2020 memiliki utang sebesar Rs 10,9 triliun dan ekuitas negatif sebesar Rs 1,9 triliun.

Akibat batalnya perjanjian homogenisasi tersebut, kewajiban Merpati Airlines kepada pihak ketiga, termasuk kompensasi pemberhentian mantan karyawan akibat penjualan seluruh aset Merpati Airlines, akan diselesaikan melalui mekanisme lelang sesuai dengan pengambilan keputusan pengadilan. mempertimbangkan ketidakberpihakan semua pihak. .

4. Menyatakan pailit

Hakim PN Surabaya membatalkan perjanjian damai dengan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) (Merpatti Airlines) di Pengadilan Niaga PN Surabaya, Kamis (2/6). Dengan keputusan ini, Merpatti Airlines telah mendapat perlindungan hukum dan tinggal selangkah lagi dari pembubaran.

Pengadilan juga menunjuk hakim pengawas dan wali untuk menangani proses kepailitan Merpati Airlines. Hakim pengawas adalah hakim yang diangkat oleh Kitab Undang-undang Hukum Dagang untuk mengawasi penatausahaan dan pelunasan harta debitur oleh seorang kurator yang tidak memihak.

Sedangkan mediator adalah orang fidusia yang ditunjuk pengadilan untuk mengurus dan menyelesaikan harta debitur di bawah pengawasan Balai Harta Peninggalan atau hakim pengawas.

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (PPA) (PPA) Yadi Jaya Ruchandi mengatakan akibat batalnya perjanjian homogenisasi, kewajiban kepada pihak ketiga, termasuk ganti rugi pemberhentian seluruh karyawan akibat penjualan seluruh aset Merpati Airlines, akan diselesaikan melalui: . Mekanisme Lelang.

6. Menteri BUMN Eric Thorrr menjawab.

Menteri BUMN Eric Thohir menyambut baik putusan resmi PN Surabaya yang menyatakan PT Merpati Airlines pailit.

Sebab, dengan penetapan tersebut akan berpengaruh positif terhadap diterima atau tidaknya karyawan Merpatti Airlines.

“Kami tidak ingin ada kesewenang-wenangan terhadap pekerja dengan pesangon,” kata Eric Selasa (6/6) di Gedung Nusantara 1 DPR RI.

Selain itu, keputusan menyatakan pailit Merpati Airlines memaksa Departemen Bisnis Negara untuk lebih fokus pada BUMN yang masih eksis.

“Merpati pada dasarnya adalah bagian dari tujuh perusahaan yang telah ditutup, dan Merpaty adalah salah satunya,” tambahnya.

Soal nasib aset Merpati Airlines, Erick mengatakan sebagian aset tersebut akan digunakan untuk memperkuat operasional maskapai milik negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *