Oktober 7, 2022
Spread the love

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia panas dan tidak merata pada siang hari, dan setelah panas, cuaca tiba-tiba mendung dan sering hujan. Tentu saja kondisi tersebut membuat mesin lebih cepat kotor karena beberapa bagian banyak lumpur dan kotoran yang menempel.

Oleh karena itu, jika mesin menjadi kotor maka harus segera dibersihkan. Mencuci sepeda motor secara rutin akan membantu menjaga keawetan suku cadang mesin. Bagi penumpang, motor yang bersih akan membuat berkendara lebih nyaman. link bolagila

Berikut beberapa tips membersihkan motor di rumah dari Master Distributor Yamaha PT. Lotan Tiduh (Lampong) dalam keterangan resmi (6 Agustus 2022).

1. Siapkan alat yang diperlukan

Ada banyak alat sederhana yang mudah Anda temukan saat mencuci sepeda motor di rumah, seperti ember tangki air dan kain microfiber yang melindungi bodi mesin dari goresan. Jika tidak, Anda bisa menggunakan pel dengan permukaan yang halus, minimal dua potong. Selain itu, bawalah sampo khusus sepeda motor, sikat pembersih ban berukuran besar, dan sikat atau sikat gigi kecil yang muat di celah-celah yang rapat. Anda kemudian dapat menggunakan selang untuk membilas atau mencuci sepeda motor Anda dengan lebih mudah, tetapi jika Anda tidak memiliki selang, Anda dapat menggunakan sendok untuk menyiramnya.

2. Saat sepeda motor dingin, cucilah sepeda motor dengan air bersih.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mulai mencuci sepeda motor adalah membilasnya dengan air bersih. Namun, saat mencuci sepeda motor, sebaiknya pastikan casing mesin sepeda motor Anda dalam keadaan dingin. Ini karena kontak langsung casing mesin yang panas dengan air dapat merusak blok mesin dan dasar knalpot. Selain komponen mesin, mesin yang panas juga berisiko melukai tangan Anda saat membersihkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu beberapa saat hingga mesin menjadi dingin sebelum dicuci.

3. Bersihkan dasar motor kemudian bersihkan badan motor.

Ambil semua yang ada di bagasi sepeda motor Anda sebelum dicuci. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menyemprotkan air terlebih dahulu pada ban, spatbor, roda, dan kaki sepeda motor Anda, seperti bodi bagian bawah dan bodi bagian atas. Saat Anda menyemprot dengan air bertekanan rendah, pasirnya akan keluar. Setelah lantai selesai, mulailah sering mencuci dari atas ke bawah dengan sampo motor khusus.

4. Gunakan kuas untuk area yang sulit dijangkau

Gunakan sikat untuk menggosok area yang sulit dijangkau. Untuk area yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas yang lebih mudah dijangkau. Ini adalah cara yang efektif untuk menyentuh area busa yang tidak dapat dijangkau oleh sabun. Jadi akan bersih. Atau, Anda dapat menggunakan sikat kecil untuk membersihkan debu dari ruang sempit, area yang perlu sering dibersihkan, atau bagian mesin yang halus. Gunakan sikat kaku untuk membersihkan kotoran dari ban dan velg.

5. Tidak meninggalkan residu sabun

Cuci dan sikat semua bagian mesin dengan sampo mesin dan bilas dengan air. Coba gunakan selang untuk memudahkan membilas bagian tertentu. Sesuatu seperti garis samping atau area sempit yang sebelumnya digosok dengan kuas atau kuas kecil. Bilas semua bagian dengan baik dan pastikan tidak ada sabun yang tertinggal karena noda dan noda mungkin muncul. Jangan menyemprot atau menyemprot dengan tekanan tinggi pada rantai sepeda motor untuk mencegah agar pelumas yang menutupi rantai tidak menetes dan mengganggu kinerja rantai. Selain itu, air dapat menyebabkan karat, yang membuat rantai mudah putus.

Cara membersihkan rantai yang benar adalah dengan mencampur sabun cuci bebas minyak dengan bensin. Semprotkan pada benang, lalu gunakan sikat gigi secara merata. Setelah selesai, Anda bisa memberikan chain glider agar merata di setiap sambungan rantai.

6. Lap hingga kering dengan kain chamois atau kain mikrofiber.

Setelah membilas dan membersihkan motor, keringkan motor dengan kain lembut atau kain chamois penyerap. Jangan mengeringkan motor sambil berdiri diam. Selain itu, jemur di bawah sinar matahari langsung. Pasalnya, jika air bilasan terkena panas atau angin, bisa ternoda atau ternoda. Bahkan, jamur juga bisa muncul. Oleh karena itu, disarankan untuk mengeringkannya dengan kain lembut dan kering yang menyerap air. Oleh karena itu, tidak ada air yang tersisa saat pengeringan.

7. Cuci sepeda motor sesuai kebutuhan.

Ada interval atau jarak yang ditetapkan untuk mencuci sepeda motor Anda, jadi jika Anda menggunakan sepeda motor Anda setiap hari, ada baiknya untuk sering mencucinya, terutama saat hujan turun setidaknya seminggu sekali. Pasalnya, dikhawatirkan cat akan cepat luntur jika dibiarkan terkena hujan. Hidup dan beraktivitas di pantai berbeda. Air laut tidak hanya membuat bodi mesin menjadi tumpul, tetapi juga dapat membuat bagian-bagian mesin menjadi sangat berkarat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.