November 30, 2022
Spread the love

Padang – Pada Senin (13/06/2022), sebuah video amatir yang direkam warga setempat memperlihatkan banjir di air terjun Lembah Anai viral di media sosial. Terletak di Kabupaten Tanah Datar, air terjun setinggi 35 meter ini terlalu banyak memuntahkan air keruh dan mengalir ke jalan sehingga menyebabkan kemacetan panjang.

Mengingat air terjun ini terletak di sebelah Jalan Tol Padang – Bukittinggi, Kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, setiap hari sangat ramai dikunjungi warga lokal dan wisatawan. slot resmi

Saat ini warga diperbolehkan melintas, namun warga tetap dihimbau untuk tetap waspada karena tarif diskon air masih sangat tinggi. Petugas lapangan mengimbau warga Padang yang ingin ke Bukit Tinggi mencari jalan lain.

Ini bukan pertama kalinya di tahun 2019, di awal musim hujan, Air Terjun Lembah Anai membanjiri jalan dan memblokir jalan penghubung tepat di depannya.

Sebagai referensi, Air Terjun Lemba Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lura, anak sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singalang 400 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini terletak di perbatasan barat Cagar Alam Lembah Anai, sehingga cuacanya masih alami dengan hutan yang rimbun dan pepohonan yang rimbun.

Monyet sering berkeliaran di sekitar air terjun ini. Saat liburan, air terjun ini menyedot ratusan pengunjung. Keindahannya menjadikan air terjun Lembah Anai sebagai simbol pariwisata di Sumatera Barat. Tak heran banyak orang memilih jalur ini untuk berangkat dari Padang ke Bukit Tinggi.

Saat musim kemarau, air terjun di Lembah Anai sangat jernih, mengalir melalui perbukitan menuju jeram sebelum melanjutkan melalui hutan Pegunungan Singgalang hingga mencapai tepi tebing terjal.

Dari tebing-tebing ini, aliran air tenggelam ke dasar Lembah Annai, membentuk kolam tempat air terkumpul. Air terjun yang berkabut membentuk gugusan yang indah dan berwarna-warni saat disinari oleh sinar matahari.

Di musim hujan, drainase melimpah dan stabil, tetapi saat hujan sangat deras. Tak jarang air terjun ini mengalami banjir dan banjir di jalan raya.

Untuk mencapai lokasi dari kota Padang, Anda dapat menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi atau kereta wisata dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, objek wisata air terjun Lembah Anai ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *