Oktober 4, 2022
Spread the love

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengaku tak bisa mengklaim Jakarta kini sudah memasuki tahap endemis. Hak ini milik para ahli. Saat ini, Pemerintah Kabupaten DKI sedang menerapkannya.

“Saya tidak bermain ahli (saya bukan ahli) dan saya tidak akan bermain ahli,” kata Anise kepada wartawan, Selasa (24/5). slot mudah menang

Menurutnya, hal itu terkait dengan tahapan istilah epidemi atau endemik. Yang terpenting, Anees mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prookes).

Sementara itu, Annis juga mengimbau masyarakat untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut. Penerapan PPKM (Batas Kegiatan Masyarakat) di Jakarta masih bisa bertahan di Level 1 meski tanpa PPKM.

Fase Masuk Endemik

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Waminex) Dante Saxono Harbuono mengatakan Indonesia sudah berada dalam fase terkendali pandemi COVID-19 dan masih banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan hingga wabah dinyatakan.

“Bisakah kita masuk ke tahap endemis? Senin (23/5)” kata Dante saat hadir dalam rapat dengar pendapat RDP dengan Panitia IX DPR di Jakarta.

Menurut Dante, Indonesia kini telah memasuki masa terkendali pandemi Covid-19. Pasalnya, wabah saat ini tidak mengganggu aktivitas sosial masyarakat, jumlah kasus terus menurun dan jumlah kasus terkonfirmasi per hari dapat diprediksi.

Saat ini, Dante menyebut perkembangan kasus Covid-19 di banyak negara didominasi oleh strain Omicron.

“Ada varian baru BA.4 dan BA.5, tapi belum tersebar luas dan belum ditemukan di Indonesia. Kami terus memantau whole genome sequencing (WGS) untuk varian baru.”

Dante menambahkan bahwa varian baru BA.4 dan BA.5 berasal dari varian Omicron, yang diperkirakan para ahli kesehatan memiliki throughput lebih tinggi daripada Omicron. Dalam hal rawat inap, Dante mengatakan tidak ada perbedaan dengan Omicron. Artinya gejala yang dialami pasien cenderung ringan dan tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

Artinya, orang yang telah divaksinasi masih bisa mendapatkan atau mengeluarkannya dari sistem kekebalannya,” katanya.

Dante mengatakan, tingkat kasus Covid-19 di Indonesia cenderung rendah berdasarkan pengamatan selama periode setelah Idul Fitri 2022.

Umumnya pasien lanjut usia tidak divaksinasi secara lengkap,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.