Oktober 5, 2022
Spread the love

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan berada di Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan tanda bahwa Australia mengakui luasnya negara tetangga Indonesia.

Setelah mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin pada Selasa sore (07/06) waktu setempat, Perdana Menteri Albanese mengatakan “ini adalah kunjungan pertama Perdana Menteri Australia ke Makassar”. slot pragmatic

Perdana Menteri Albanese mengatakan kepada wartawan bahwa Makassar adalah pusat keuangan terpenting dan kota terbesar di Indonesia timur.

Perdana Menteri Albanese mengatakan Makassar sangat senang berada di Makassar karena dia telah “membina hubungan dengan orang-orang muda Arnhem Land selama ratusan tahun” di Australia Utara.

Pemimpin Partai Buruh Australia itu mengatakan, pihaknya sebelumnya telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Makassar.

Dalam kuliah umum di kampus Universitas Hasanuddin, perdana menteri Albania mengatakan bahwa kunjungannya ke Makassar adalah “benar” mengingat dampak sejarah perdagangan antara orang Makassar dan Aborigin.

Pada presentasi orang Albania, Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan Ed Hosik turut serta dalam kunjungan ke Indonesia.

Perdana Menteri Albanesse mengatakan kemarin (6/6) bahwa kerja sama kedua negara akan fokus pada upaya mengatasi perubahan iklim berdasarkan diskusi dengan Presiden Jokowi.

Australia bertujuan untuk mengurangi jejak karbonnya sebesar 43% pada tahun 2030 dan mencapai “nol bersih” atau netralitas karbon pada tahun 2050.

Perdana Menteri Albanese juga mengatakan kemarin (6/06) bahwa Indonesia mengumumkan 10 beasiswa baru bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi master dan doktoral di Australia dalam bidang penelitian yang terkait dengan prioritas G20.

Penelitian mereka akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia dan sektor pendidikan dan akan terus memperkuat hubungan bilateral.

Ini adalah kunjungan kedelapan warga Albania ke Indonesia sejak mereka terpilih sebagai pemimpin oposisi di Australia pada 2019.

Perdana Menteri dikunjungi oleh puluhan pebisnis dari perusahaan besar Australia seperti Menteri Luar Negeri Penny Wong, Menteri Perdagangan Don Farrell, Menteri Perindustrian Ed Husic dan Wesfarmers, Telstra dan Commonwealth Bank.

Setelah mengunjungi Makassar, kita akan kembali ke Australia hari ini (7/06).

Pada pemerintahan sebelumnya, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop melakukan kunjungan resmi ke Makassar.

Perdana Menteri Albanese mengatakan dia sangat ingin mengunjungi Indonesia, di mana ia selalu menerima “sambutan hangat”.

Dia mengatakan akan kembali ke Indonesia pada November untuk menghadiri KTT G20 di Bali, yang telah menimbulkan kontroversi atas kemungkinan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin.

Simak artikel lainnya dari ABC Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.