Februari 3, 2023
Spread the love

Kementerian Agama memastikan 358 jemaah haji Indonesia pertama yang naik Solo Flight (SOC 1) telah tiba di Madinah pada Sabtu 4 Juni 2022.

Gelombang pertama jemaah haji Indonesia mendarat di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz (AMAA) sekitar pukul 09:58 Waktu Arab Saudi (WS). slot online

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdulaziz Ahmed mengatakan di Bandara AMAA Madinah: “Selamat datang jemaah haji pertama Indonesia bersama Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Rahman Al-Bjawi”. Minggu (6 Mei 2022) Siaran Pers Tertulis.

Abdul mengaku terharu dan senang saat menyambut ratusan jamaah. Tidak, ibadah yang diadakan setahun sekali oleh umat Islam harus absen selama dua tahun karena COVID-19.

Abdul mengatakan, “Saya senang dan terharu. Ini yang ditunggu-tunggu banyak orang Indonesia. Apalagi tertunda dua tahun karena wabah,” kata Abdul.

Dubes RI untuk Arab Saudi berpesan kepada seluruh jemaah haji agar tetap sehat. Meski wabah sudah berkurang, jemaah haji tetap harus mematuhi protokol kesehatan saat melakukan ekstremitas bawah. Apalagi situasi di Arab Saudi saat ini sangat panas.

“Jamaah jangan lupa makan dan minum. Semoga kita semua bisa sehat dan beribadah dengan baik.”

Kehadiran rombongan SOC 1 menandai dimulainya tahapan kedatangan jemaah haji Indonesia. Secara khusus, pejabat Indonesia dan Haji dan Umrabu Arab Saudi menyambut mereka dengan mendirikan panggung kecil bagi jemaah yang lewat dengan menerima bunga sebagai tanda penghormatan mereka.

Selain itu, jemaah haji Indonesia disuguhi sajadah dan kotak berisi pohon kurma. Bertepatan pula dengan kedatangan jemaah yang menyenandungkan thalal Badro, yang semakin memperkeruh suasana di aula haji Bandara Internasional AMMA di Madinah.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Shaleel Qamas berpesan kepada jemaah haji agar tetap sehat dan membiasakan diri dengan air minum karena cuaca panas Arab Saudi, seiring dengan pelepasan jemaah haji Indonesia dari Jakarta. Menag juga mendoakan agar umat beriman dapat beribadah dan mendapatkan haji yang mabrur.

Kementerian Agama sebelumnya telah memberangkatkan 828 petugas dari Panitia Penyelenggara Haji yang diberangkatkan pada Rabu (6 Januari 2022) untuk membagi wilayah kerja menjadi Jeddah, Madinah, dan Maka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *