November 28, 2022
Spread the love

Ada satu dokumen yang tidak boleh Anda lupakan saat bepergian ke luar negeri, yaitu paspor. Kehilangan dokumen penting ini saat berlibur di negara lain adalah masalah besar.

Setiap paspor biasanya dirancang dengan karakteristik negara penerbit. Misalnya, paspor Indonesia dengan sampul depan warga negara hijau dan berlambang elang bisa dikatakan paspor biasa. Namun, menurut salah satu netizen, paspor Indonesia merupakan salah satu paspor terindah di dunia. Apa alasannya?

Klaim tersebut datang dari Mass Kassan, pemilik akun Instagram hassanhamss. Ia sering terlihat berbagi foto dan video saat bepergian di berbagai negara. slot online

Kasan dikenal sebagai pembuat konten untuk pelancong, fotografer, dan pebisnis. Ia juga suka berbagi tips saat bepergian ke luar negeri. Dalam surat tertanggal 23 Mei 2022, Kassan mengatakan bahwa setiap kali bepergian ke luar negeri, petugas imigrasi dari masing-masing negara selalu memuji foto di paspor Indonesianya.

Dia berkata, “Paspornya sangat cantik dan berbeda dan memiliki gambar yang indah di setiap halaman. Saya bertanya apa gambar itu dan apa artinya. Ya, mereka menjelaskan gambar apa yang ada satu per satu.” Setiap halaman paspor Indonesia memiliki foto atau ilustrasi ciri khas negara kita, seperti komodo, bunga rafflesia, Angklung, Wandal, Wayang, dan candi Borobudur.

Katanya, “Paspor kita memang tidak sekuat Jepang dan Jerman, tapi saya bangga bisa bepergian dengan paspor cantik dan berwarna-warni seperti itu,” ujarnya lagi sambil membeberkan foto dirinya yang diambil di berbagai negara.

Setiap paspor biasanya dirancang dengan karakteristik negara penerbit. Tentu saja, ada banyak bentuk dan desain yang berbeda. Keberagaman ini membuat banyak pihak memilih paspor terindah di dunia.

Salah satunya adalah Mental Floss, majalah online besar Amerika yang audiens utamanya adalah anak muda atau milenial. Pada tahun 2017, Mental Floss memilih 10 paspor terindah di dunia.

Seperti yang diklaim Mas Kasan, paspor Indonesia masuk dalam daftar. Berikut 10 paspor terindah di dunia menurut Mental Floss.

1. Norwegia

Tempat pertama ditempati oleh negara-negara Eropa dan Skandinavia – Norwegia. Desain paspor Norwegia terinspirasi oleh lanskap Norwegia yang membanggakan. Jika Anda melihat halaman di bawah sinar ultraviolet (ultraviolet), Anda dapat melihat gambar senja yang cerah di atas pegunungan.

Paspor Finlandia tidak hanya yang paling kuat tetapi juga yang paling indah di dunia. Paspor ini, diperbarui pada desain 2012, memiliki resume di tepi halaman. Anda dapat melihat gerakan rusa atau rusa sebagai gambar dengan membalik halaman dengan cepat menggunakan ujung ibu jari Anda. Rusa adalah simbol nasional.

3. Australia

Tiga hewan endemik Australia: kanguru, emu, dan platipus menghiasi desain paspor Australia. Gambar kanguru di bagian atas sedikit timbul. Desainnya yang cantik juga membuat sangat sulit untuk memalsukan paspor Australia.

4. Kanada

Sekilas, paspor Kanada terlihat biasa saja. Tetapi jika Anda berada dalam kegelapan, setiap halaman akan bersinar dalam ilustrasi gelap dengan daun maple dan foto-foto Air Terjun Niagara yang terkenal.

5. Cina

Seperti paspor Norwegia, paspor yang diterbitkan di China memiliki halaman menarik yang terpapar sinar UV. Gambar Tembok Cina Tersembunyi muncul di setiap halaman.

Lokasinya di ujung selatan Bumi tidak menghentikan para petualang untuk menemukan Selandia Baru. Setiap halaman paspor Selandia Baru Anda berisi perjalanan para penjelajah laut yang menemukan Selandia Baru.

7. Hongaria

Di bawah sinar ultraviolet, paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah Hungaria mengungkapkan sebuah rahasia. Catatan dan lirik lagu kebangsaan Hungaria, Suzat, muncul.

8. Indonesia

Menariknya, desain paspor Indonesia juga paling cantik. Ini karena setiap halaman berwarna berisi gambar yang berbeda. Setiap ilustrasi memuat ciri khas nusantara seperti naga, angklung, ondelondel, dan wayang.

9. Irlandia

Paspor Irlandia didesain ulang pada 2013. Desain baru memadukan budaya Irlandia yang dekat dengan musik, sastra, dan arsitektur. Halaman paspornya menampilkan landmark Irlandia seperti Cliffs of Moher dan River Liffey.

10. Swedia

Paspor Swedia didesain ulang pada tahun 2012 dan menampilkan pemandangan dari atas ke landmark atau fitur Swedia. Gambar aneh yang muncul saat ditempatkan di bawah sinar ultraviolet ini diperparah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *