Januari 28, 2023
Spread the love

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti melihat, Indonesia punya segudang potensi ekonomi untuk terus dikembangkan ke depan. Proyeksi itu didapatnya pasca Indonesia sukses meraih pertumbuhan ekonomi positif 5,01 persen secara tahunan (year on year) pada kuartal I 2022.

Utamanya kalau kita lihat untuk jenis-jenis fashion, fast moving consumer goods, ataupun untuk gadget, elektronik, dan kebutuhan lainnya,” ungkapnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia atau KKI 2022, Sabtu (28/5/2022). slot asia

“Saya rasa ini jadi salah satu potensi yang bisa kita kembangkan ke depan dalam rangka meningkatkan perekonomian domestik kita,” kata Destry.

Masih merujuk pada pertumbuhan ekonomi di triwulan pertama tahun ini, Destry menilai itu sangat didorong oleh ekonomi domestik. Utamanya oleh konsumsi masyarakat, dan investasi non bangunan.

Menurut dia, Indonesia punya potensi ekonomi domestik yang sangat tinggi, dilihat dari struktur penduduk usia mudanya, pendapatan menengah yang terus tinggi, Indonesia menjadi salah satu pasar yang sangat potensial.

Tak kalah pentingnya, ia juga melihat peran vital pelaku UMKM bagi ekonomi Indonesia ke depannya. Dengan catatan, pelaku industri kecil menengah tersebut juga harus punya daya saing dan mau menjemput bola ke pasar luar.

Oleh karena itu, UMKM kita harus punya daya saing yang kuat untuk bisa menembus pasar global,” desak Destry.

Dalam hal ini, Bank Indonesia tentunya bakal turut mengoptimalkan peran beberapa kantor perwakilannya di luar negeri, agar bisa jadi penghubung antara UMKM yang berpotensi di Indonesia untuk bisa menembus pasar global.

“Tentunya ini akan baik, karena kita berharap UMKM nantinya akan menjadi salah satu sumber pendapatan devisa negara,” pungkas Destry.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2022 merata di seluruh daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *