September 29, 2022
Spread the love

Seniman asal Bali kembali menempati posisi Ubud Writers and Readers Festival Up-and-coming Artists tahun 2022. Kali ini, entri penulis berupa cerita pendek.

I Putu Juli Sastrawan, pemuda asal Klongkong, Bali, menghadirkan beragam tema dalam lima cerpennya, mulai dari rekor buku di Indonesia, isu gerakan 9/30 di Bali hingga topik-topik gender yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil dari arsip tahun 1982.  slot online terpercaya

Lalu tahun lalu kami menulis seperti ini,” kata Bli Juli kepada Liputan6.com, Minggu (29 Mei 2022).

Apalah artinya seorang penulis tanpa ide cemerlang sebagai benih tulisannya? Bagi Juli Sastrawan, setiap pemikiran dalam tulisannya merupakan gema dari apa yang telah ditangkap indranya.

Seorang pria dari Klongkong, Bali, mengatakan, “Apa yang saya baca, lihat dan dengar menyentuh emosi saya, jadi saya memutuskan untuk mengubahnya menjadi sebuah cerita.”

“Misalnya ada orang yang sedang berjuang mati, dan sembari menunggu kematian, mereka diberitahu bahwa kematian belum datang, yang sangat merepotkan keluarga dan kerabat. Amalkan sampai Anda melakukannya,” kata novel itu. penulis, Kulit Monyet Piduka.

Pasti setiap penulis menyukai tulisan-tulisan penulis lain yang kemudian menjadi panutan dan idola mereka. Juga Julie Sastrawan. Baginya, keberadaan karya-karya penulis besar juga mempengaruhi karya-karya yang diciptakannya.

Meskipun saya cenderung tidak menyadari apa bentuk pengaruhnya, saya percaya bahwa apa yang saya baca dan dengar dibentuk oleh apa yang saya baca dan dengar. “

“Tidak langsung mempengaruhi saya, tapi saya suka tulisan Dazai Osamu, Alejandro Zampra, Bolano, Mahfud Ikhwan, Nukila Amal, Sinu Gomera Ajidarma, Ayo Saraswati, Linda Cristante, Ernest Hemingway, As Laksana, dan masih banyak lagi. yang telah menulis sejak dahulu kala.

Memilih penulis pendatang baru, penulis dan pembaca Ubud (UWRF 2022) bisa menjadi salah satu impian penulis. Selain menjadi ajang bergengsi, berada dalam lingkaran menghubungkan buku dengan dunia literasi yang lebih luas.

Ketika ditanya tentang rahasia mengajar calon penulis, Blee Julie meninggalkan komentar yang bermakna.

Penulis yang juga seorang penulis di sekolah internasional di Bali ini menjawab, “Sebenarnya kalau mau jadi penulis tidak perlu saran dan akan terus menulis meski tidak ada tawaran.”

Baca selengkapnya

Mengisi kepala kita dengan hal-hal luar biasa sangat menyenangkan. Selain memperkaya kosa kata kita, kita juga bisa belajar dari penulis lain bagaimana mereka berbicara dalam cerita mereka.

banyak latihan dan belajar

Dia menjelaskan bahwa setelah banyak membaca, itu diimbangi dengan banyak latihan dan belajar. “Ini juga terjadi pada saya. Sampai saat itu saya masih belajar dan berlatih. Kalau kalian sudah punya tulisan dan punya kemungkinan untuk tulisan kita, silakan ajukan. Kalian tidak pernah tahu kemana tulisan kita akan dibawa ke depan” pungkas . Juli.

Tonton video spesifik di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.