Februari 3, 2023
Spread the love

 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Perum Perhutani.

Tujuannya untuk membangun Kabupaten Kesatuan Nusantara (KTN) di Desa Temanggung, Bansari, untuk meningkatkan kesejahteraan para teroris (Napeters) dan masyarakat sekitar. info slot pragmatic

Desa Bansari Temanggung memiliki potensi ekonomi dan pariwisata yang besar, sehingga direncanakan untuk dibangun sebagai KTN.

Situs Taman Nasional Bansari Temanggung memiliki luas sekitar 10 hektar dan berada pada ketinggian 1500 m di atas permukaan laut.

Saat ini, lahan tersebut dikelola oleh Perum Perhutani bersama masyarakat sekitar.

Dalam pelaksanaannya, KTN akan memimpin tim sinergi antarlembaga dan kelembagaan.

TNI Dedi Sambowo, Direktur Jenderal BNPT, mengatakan, “Melalui kerja sama ini, kami berharap berbagai komponen bangsa yang saling mendukung untuk pembangunan Kabupaten Nusantara yang terintegrasi akan menyelesaikan permasalahan nasional secara sinergis.”

Didi Sambo mengatakan, “Pembangunan KTN dalam rangka memerangi ekstremisme tentu tidak bisa dilakukan oleh satu pihak, tetapi membutuhkan sinergi dari pihak lain.”

Didi mengatakan, “Kami berharap dengan adanya BNPT ini dapat mempererat kerjasama dengan lembaga lain.”

Sementara itu, Yang Mulia Putra Mahkota Temanzong, Al Khadjik, mengatakan pendekatan kesejahteraan sangat strategis dalam program anti-ekstremis.

Menurutnya, pendekatan yang lebih lembut, seperti pendekatan kesejahteraan, akan efektif dengan kesadaran akan bahaya terorisme.

Menurutnya, KTN merupakan bukti keberadaan pemerintah yang menekan paham radikal tentang terorisme melalui strategi forum kerjasama untuk menciptakan kehidupan yang aman dan damai bagi negara dan bangsa.

”Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang aman dan damai karena sangat mulia sehingga harus kita dukung,” kata Agus Briantono, Direktur Departemen Pengelolaan Sumber Daya Hutan, Wilayah Berhutani, Wilayah Jawa Tengah.

Penandatanganan dilakukan pada Kamis (16 Juni 2022) di Istana Te Mang.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Sekretaris Senior BNPT TNI Dedi Sambowo, SIP, Bupati Temanggung HM Al Khadzig dan Ir Agus Priantono Perhutani, Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Hutan Unit Usaha Daerah Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *