Oktober 5, 2022
Spread the love

Pemerintah Indonesia mendorong pertumbuhan ekosistem dan ruang digital yang aman, inklusif, dan bebas dari perilaku negatif.

Sekretaris Komunikasi dan Informasi Johnny J. Plait juga mengatakan tiga hal telah dicapai untuk menciptakan ruang digital yang bebas dari konten berbahaya. slot singapore

Menurut Johnny, langkah pertama yang dilakukan adalah memblokir konten negatif yang melanggar hukum.

Dalam pernyataan yang diterima pada Rabu (6 Januari 2022), Johnny mengatakan “Konten negatif akan ditutup berdasarkan laporan yang diterima dari lembaga pemerintah dan publik serta temuan tim Komunikasi dan Intelijen.”

Dia menambahkan bahwa 1,7 juta dari 2,9 juta pemotongan konten negatif adalah situs negatif. Sedangkan 1,2 juta sisanya adalah konten negatif yang beredar di media sosial.

Langkah lain yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghapus konten negatif adalah dengan menghentikan penyebaran penipuan di Internet.

Untuk mengambil tindakan ini, Kementerian Komunikasi dan Intelijen bekerja sama dengan media, pers, industri digital, dan publik untuk mengklarifikasi disinformasi dan misinformasi.

Langkah ketiga adalah meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. Menurut Johnny, literasi digital merupakan salah satu upaya untuk mendorong penggunaan internet yang aman, produktif, dan efektif untuk mengurangi pembicaraan negatif dan penipuan di dunia maya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny J. Plait menyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang PSE bahwa PSE yang bertanggung jawab atas data pribadi publik, baik pribadi maupun publik, adalah penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Johnny mengatakan upaya pencegahan pembobolan data dilakukan dengan memastikan keamanan teknis dan kriptografi serta mempersiapkan talenta digital untuk enkripsi.

“Tata kelola, atau manajemen, adalah tentang menggunakan dan memelihara ruang digital operator sistem elektronik dengan benar sehingga, jika serangan siber terjadi, dapat diatasi,” katanya.

Johnny juga menyampaikan bahwa PSE merupakan kepanjangan tangan dari komunitas yang bertindak sebagai data stewards atau pengelola data.

Itu sebabnya PSE harus bertanggung jawab untuk pencegahan pelanggaran data. Dalam hal ini, pemerintah memberikan bantuan teknis kepada PSE.

“Dukungan teknis diberikan oleh Badan Kriptografi dan Internet Nasional (BSSN),” kata Johnny.

Johnny juga mengatakan, sebagai penanggung jawab data pribadi publik, teknologi enkripsi yang digunakan PSE perlu ditingkatkan.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana untuk terus mengaudit teknologi dan memverifikasi kebocoran informasi. Jika ditemukan, akan ada hukuman pribadi dan publik untuk PSE, kata Johnny.

Ada banyak hukuman yang dapat diterapkan pada PSE. Pertama, sanksi administratif, denda, dan pemutusan akses jika ditentukan tidak dapat memenuhi tanggung jawabnya sebagai PSE.

Johnny juga merekomendasikan agar PSE terus mengadopsi teknologi enkripsi terbaru.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo) Johnny J. Plait mengundang raksasa teknologi AS Cisco untuk membangun dan memperkuat keamanan teknologi digital di Indonesia.

Johnny berharap kolaborasi Cisco dan Kominfo akan membantu menjaga ruang digital bersih dari teknologi keuangan terlarang, pelanggaran data, dan penipuan.

“Kemarin kami bertemu Cisco untuk membicarakan bagaimana keamanan siber, khususnya keamanan teknologi, dapat menjaga ruang digital tetap bersih,” kata Johnny kepada Antara, Kamis. / Mei 2022).

Menurut Johnny, keamanan siber merupakan tugas yang harus diselesaikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital negara.

Cisco disebut-sebut akan berkomitmen membantu pemerintah Indonesia menyiapkan teknologi yang tepat untuk membersihkan ruang digitalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.