Februari 3, 2023
Spread the love

Pemerintah China terus memperkuat hubungan dagangnya dengan negara tetangga Indonesia, Papua Nugini. Saat ini, isu perdagangan bebas sedang dibahas.

VOA Indonesia melaporkan pada Jumat (3/6/2022) bahwa diskusi tentang perdagangan bebas terjadi setelah menteri luar negeri Beijing menyelesaikan kunjungan penting ke pulau-pulau Pasifik, yang terakhir adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. slot minimal deposit 5000

Baca juga

Perdana Menteri Papua Nugini James Marabe mengatakan diskusi di Port Moresby, Iota, berfokus pada kerja sama ekonomi dan perjanjian perdagangan yang telah lama dibahas.

China telah menjadi penyedia investasi utama bagi Papua Nugini dan membeli banyak gas, mineral, kayu, dan sumber daya alam lainnya dari Papua Nugini.

Beijing bersaing dengan Australia untuk menjadi mitra dagang utama Papua Nugini.

Mengaku menjadikan negaranya sebagai negara Kristen kulit hitam terkaya di dunia, Marib mengatakan dia ingin mengubah ekonomi dari bahan mentah menjadi produk akhir yang lebih menguntungkan.

Dia menyerukan lebih banyak investasi China dan mengatakan rencana untuk kesepakatan perdagangan sedang berlangsung.

“Pejabat China dan Papua Nugini sedang mempersiapkan perjanjian perdagangan bebas antara China dan Papua Nugini,” kata Marab kepada wartawan.

“Rincian perjanjian perdagangan bebas ditegaskan apa adanya, sehingga kepentingan Papua Nugini tidak ditekan atau dirusak, tetapi dipertahankan dan diperluas,” katanya.

Pernyataan Marib datang ketika China, Australia dan sekutu Barat lainnya bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Kepulauan Pasifik.

Wilayah yang luas namun berpenduduk jarang ini dianggap penting secara strategis karena merupakan jalur pelayaran penting dan berdekatan dengan wilayah yang dilayani oleh pasukan militer China dan Amerika.

Setelah melintasi Pasifik Selatan selama lebih dari seminggu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menekankan bahwa peran China dalam keamanan regional harus lebih besar.

Sementara itu, di Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, Koordinator Investasi Maritim, atau Luhut, Menteri Koordinator Kelautan dan Investasi, mengungkapkan beberapa cerita setelah bertemu dengan investor Belanda.

Dalam kesempatan itu, Menko Luhot mendesak perusahaan-perusahaan Belanda untuk meningkatkan investasinya di Indonesia, termasuk proyek-proyek seperti Nusantara Capital atau IKN.

Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6 Januari 2022) mengatakan, “Indonesia dan Belanda memiliki sejarah yang panjang dan ini merupakan cara penting untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

Secara khusus, Menko Luhot mendesak investor Belanda untuk berkontribusi dalam pengembangan IKN menjadi kota cerdas dan hijau dengan bertukar pengalaman dan memperluas investasi di ekonomi hijau, termasuk program blended finance.

Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Mark Harpers, menanggapi positif permintaan tersebut. Dia mengatakan siap membantu membangun ibu kota, Batu, dan memberikan beberapa saran.

Mark mengatakan, “Pengembangan IKN tidak hanya membangun infrastruktur perkotaan baru, tetapi juga memberikan aspek sosial dan ekonomi penduduk. Ini harus dipersiapkan semaksimal mungkin dan Belanda siap mendukung Indonesia di bidang ini. Minat .” Harper.

Belanda juga mencari kerja sama yang erat, memanfaatkan dialog antara Menteri Koordinator Luhut dan CEO perusahaan-perusahaan utama. Diantaranya pembangunan Teluk Jakarta, pembangunan jembatan pasang surut NTT dan konversi energi.

Perwakilan Indonesia di Korea mengundang investor ke Indonesia. Stabilitas Indonesia dan banyaknya sektor potensial menjadi keunggulan Indonesia bagi investor.

Permintaan ini disampaikan pihak Indonesia pada Forum G20 di Seoul.

Indonesia merupakan tujuan investasi. Duta Besar Indonesia untuk Korea Gandhi Sulistianto mengatakan kepada hadirin “The Road to the G20: Indonesia 2022 Investment Opportunity Briefing. Indonesia perlu mengembangkan bisnis di Korea dan memenuhi kebutuhan konsumen Korea.” “Forum Investasi Seoul, dilaporkan di situs web Kementerian Luar Negeri (31/5).

“Indonesia telah menyiapkan sektor-sektor baru seperti layanan digital, layanan medis, perakitan elektronik, alat telekomunikasi, pengolahan produk kimia dan mineral. Oleh karena itu, berinvestasi di Indonesia di sektor-sektor ini untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan mitra bisnis Indonesia yang tepat di forum ini untuk menemukan usaha patungan,” ujarnya.

Sejalan dengan kepresidenan G20 Indonesia, KBRI Korea dan IIPC di Seoul secara aktif mempromosikan investasi pelaku perdagangan Korea di Indonesia sesuai dengan tiga prioritas negara ketua G20 Indonesia: rekayasa kesehatan global, inovasi digital dan energi. penerapan.

Forum investasi tersebut mencakup enam proyek investasi. Budidaya lobster air tawar terintegrasi dengan teknologi RAS Pond di Kabupaten Garut, Jawa Barat; Pengelolaan Sampah Manga di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Taman Wisata Tumpak Seo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur; Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tolo 2, Kabupaten Ginipunto, Sulawesi Selatan; Next Indonesia Unicorn / Startup project dan startup yang diakselerasi oleh NEXTICORN.

Di tempat lain, Menteri Ekonomi dan Koordinasi Airlanga Hartarto, atau Menteri Koordinator Airlanggame, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Singapura atas dukungan Singapura yang berkelanjutan kepada Indonesia selama pandemi COVID-19.

Koordinator Irlandia juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama bilateral yang berkembang pesat selama masa kepresidenan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga saat bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Selasa (31/5) di Singapura.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong telah memutuskan untuk menyerahkan kepemimpinan Singapura kepada Menteri Lawrence Wong, yang telah terpilih sebagai Ketua Tim 4G (4G) dari People’s Action Party (PAP). Menteri Singapura. .

Terkait investasi dan kerja sama perdagangan kedua negara, total investasi asing langsung Singapura pada tahun 2021 sebesar US$9,3 miliar, dengan lebih dari 16.760 proyek. Sementara itu, perdagangan bilateral diperkirakan akan mencapai $27 miliar pada tahun 2021.

Sebagai mitra investasi dan perdagangan utama, kami berharap dapat memperluas perdagangan dan investasi antara kedua negara kami ke tingkat yang lebih tinggi mulai sekarang setelah pandemi terkendali dan ekonomi terus pulih. Indonesia terus memperbaiki iklim investasi dan melakukan reformasi seperti UU Cipta Kerja dan Online Personal Assistance System (OSS),” kata Menko Erlanga, Rabu (1/6/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *