Oktober 7, 2022
Spread the love

Mantan pegawai KPK Rasamala Aritonang mengusulkan pembubaran KPK. Pasalnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK semakin menurun akibat survei yang dilakukan oleh Badan Indeks Politik Indonesia (IPI).

Rasamala mengusulkan agar pemerintah memperkuat kejaksaan dengan mengalihkan anggaran KPK ke kejaksaan. Menurutnya, hal ini bisa membuat performa tes menjadi ekstrim. slot resmi

Dia mengatakan, “Kami akan memperkuat Kejaksaan Agung dan mengalihkan anggaran besar Kejaksaan Agung ke Kejaksaan Agung untuk meningkatkan gaji kejaksaan, dan mendorong kinerja kejaksaan untuk lebih dioptimalkan.”

Terkait pemberantasan korupsi KPK, Rasamala mengusulkan integrasi KPK dengan Ombudsman RI.

Ia mengatakan, “Fungsi preventif KPK hanya terintegrasi dengan ombudsman dan fokus pada pencegahan.”

Penyidik ​​IPI mencontohkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kejaksaan lebih tinggi dibandingkan KPK. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan saat ini sebesar 60,5%.

Survei IPI dilakukan pada 18-24 Mei 2022 di antara warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas dengan menggunakan telepon. Total responden yang menjawab survei IPI ini sebanyak 1.213 orang.

Metode pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Number Dialing (RDD). Margin of error adalah +-2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei tersebut, Kejaksaan Agung menduduki peringkat ke-4 lembaga pemerintah terpercaya setelah TNI, Presiden, dan Polri. Namun, secara numerik sebenarnya terjadi penurunan dibandingkan survei sebelumnya.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan saat ini sebesar 60,5%. Di sisi lain, keandalan penegakan hukum adalah 70,2%.

Burhanuddin Muhtadi, Managing Director of Indicators, mengatakan ini tentang garis waktu peluncuran survei virtual: Saya finish ke-4.” Rabu (8/8) 6).

Burhanuddin menyoroti Yayasan KPK yang kini dilewati Kejaksaan. Kepercayaan publik terhadap KPK turun dari 70,2% menjadi 59,8%.

“KPK tunduk pada penuntutan, pengadilan dan MPR,” lanjut Burhanuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.