Desember 4, 2022
Spread the love

Jakarta Geografis adalah istilah daerah. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik bumi. Masalah geografi adalah ilmu-ilmu yang berhubungan dengan geografi.

Baca juga

Geografi adalah bahasa utama untuk memahami dunia. Mengetahui geografi adalah cara untuk memahami alam semesta. Geografi adalah pengetahuan yang digunakan di hampir setiap bidang usaha manusia. slot gacor

Geografi adalah tentang lebih dari sekedar lokasi, koordinat, dan lokasi hal-hal di Bumi. Studi geografi adalah tentang menjelajahi Bumi. Berikut definisi geografis yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/5/2022):

Geografi berhubungan dengan geografi. Lokasi geografis adalah wilayah atau lingkungan. Ini adalah tempat di peta. Segala sesuatu yang berhubungan dengan geografi dapat disebut geografi.

Geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, populasi, tumbuhan, hewan, dan hasil yang diperoleh darinya. Geografi adalah tentang lebih dari sekedar lokasi, koordinat, dan lokasi hal-hal di Bumi. Geografi juga mempelajari karakteristik fisik dan manusia dari suatu tempat.

Istilah “geografi” secara harfiah berarti diagram Bumi, tetapi geografi juga merupakan studi tentang manusia. Geografi adalah tentang aspek spasial keberadaan manusia, bagaimana manusia menempati dan mengubah lanskap, dan hubungan antara alam dan masyarakat.

Geografi bisa sangat luas atau sangat spesifik, tergantung pada apa yang ingin Anda ketahui. Geografi dibagi menjadi dua bidang utama: geografi manusia dan geografi fisik. Ada cabang tambahan geografi seperti geografi regional, kartografi, dan geografi terintegrasi (juga disebut geografi lingkungan). Berikut adalah jenis-jenis geografis:

geografi manusia

Geografi manusia adalah salah satu cabang utama geografi dan terutama mencakup studi tentang kemanusiaan. Secara umum, ini melibatkan pemahaman latar belakang populasi, cara mereka berinteraksi, dan persepsi tentang berbagai ideologi yang dipengaruhi oleh anggota masyarakat manusia.

Selain itu, bidang ini mempelajari bagaimana kelompok orang yang hidup di Bumi mengatur diri mereka sendiri di wilayah tertentu tempat mereka tinggal. Berikut adalah beberapa contoh jurusan Human Geography:

geografi budaya

geografi ekonomi

geografi kesehatan

geografi sejarah

– geopolitik

geografi penduduk

geografi pedesaan

– geografi sosial

geografi lalu lintas

geografi kota

geografi fisik

Geografi fisik adalah cabang utama geografi dan terutama berkaitan dengan studi tentang sifat fisik Bumi. Ini mencakup fitur permukaan bumi dan fitur sekitarnya. Meskipun geografi fisik dapat memetakan Bumi, geografi fisik juga digunakan untuk mencari tahu apa yang ada di bawah lapisan es dan lautan Bumi.

Beberapa contoh jurusan geografi fisik meliputi:

– topografi

– Klimatologi

– hidrologi

biogeografi

– Ilmu Kelautan

geografi pesisir

– Danghak

manajemen lingkungan

Biogeografi (ilmu yang mempelajari flora dan fauna)

– geodesi

– Lingkungan lanskap

– paleontologi

Pediatri (Studi Tanah)

– Bendera segi empat

geografi terintegrasi

Geografi terintegrasi juga dikenal sebagai geografi lingkungan atau geografi manusia dan lingkungan. Geografi terintegrasi menyatukan masalah geografis manusia dan fisik dan membentuknya. Wilayah geografis ini berguna untuk menghubungkan manusia dan dampaknya terhadap lingkungan alam.

Geografi integratif dapat digunakan untuk mengeksplorasi hubungan antara manusia dan Bumi, dan antara Bumi dan manusia. Kajian ini juga disebut sebagai “ekologi” karena melihat bagaimana manusia berinteraksi dan mempengaruhi lingkungan.

geografi lokal

Geografi regional melihat aspek budaya dan fisik dari geografi yang unik dari tempat tertentu. Geografi lokal dapat mencakup pembagian situs, seperti melihat beberapa daerah aliran sungai atau hanya wilayah pesisir. Alih-alih melihat geografi dalam skala global, geografi lokal membagi sains menjadi domain yang lebih spesifik.

Contoh geografi regional yang paling umum adalah menurut negara. Batas-batas alam, seperti sungai, celah gunung, atau badan air besar lainnya, sering mempengaruhi di mana batas-batas itu dibuat. Memahami faktor politik dan budaya geografi lokal juga dapat membantu memberikan gambaran yang lebih jelas.

geometri

Geometri adalah studi tentang benda-benda alam dan buatan dalam tiga dimensi. Ini terutama digunakan dalam kartografi dan topografi. Geografi erat kaitannya dengan sistem informasi geografis (SIG) dan ilmu-ilmu geospasial lainnya. Geometri disebut juga ilmu menempatkan benda di atas tanah. Ini adalah teknologi yang berkembang cepat yang memberi orang akses ke data spasial.

menggambar peta

Kartografi, atau kartografi, berfokus pada bagaimana seluruh proses kartografi dapat dikembangkan secara teknis melalui pembuatan peta yang umumnya berkualitas lebih tinggi. Secara umum, setiap ahli geografi harus memiliki pengetahuan dasar yang diperlukan untuk menampilkan data pada peta.

penginderaan jauh

Penginderaan jauh digunakan untuk memperoleh informasi tentang suatu objek tanpa harus pergi ke lokasinya. Digunakan dalam bidang-bidang seperti geografi, meteorologi, geologi, dan oseanografi. Penginderaan jauh adalah metode pengumpulan informasi tentang permukaan bumi dengan menganalisis data dari sensor luar angkasa.

sistem Informasi Geografis

GIS adalah sistem untuk menganalisis atau mensimulasikan fenomena geografis secara spasial dengan mengintegrasikan kumpulan data spasial dengan program komputer. Penggunaan SIG semakin meningkat di berbagai bidang seperti geologi, geografi, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan geografi manusia.

metode kuantitatif

Metode kuantitatif adalah yang terbaik untuk memahami kumpulan data geografi yang besar. Metode ini memungkinkan Anda untuk menganalisis dan mempelajari berbagai aspek seperti distribusi penduduk, geografi, dan sumber daya alam.

metode kualitatif

Metode kualitatif adalah metode penelitian yang mengandalkan interpretasi peneliti terhadap data daripada generalisasi dengan penalaran statistik. Metode kualitatif geografi telah memainkan peran penting dalam studi dunia geografis, seperti interaksi manusia-lingkungan, perubahan regional, dan analisis lanskap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *