Desember 4, 2022
Spread the love

Minggu, 12 Juni 2022 Sebuah gunung berapi di Filipina memuntahkan kolom abu besar ke langit, menutupi area yang masih dalam pemulihan dari letusan minggu lalu.

Otoritas gempa Filipina mengatakan bahwa “letusan Gunung Bulu berlangsung selama 18 menit.”

Maskapai menambahkan bahwa “visibilitas jalan terganggu dan maskapai harus membatalkan penerbangan”.

Pada tanggal 5 Juni, Foshan memuntahkan bulu abu-abu dan naik setidaknya 1 km, menutupi 10 desa dengan abu.

Warga Kota Gubane, Kabupaten Sorsogon, masih dalam masa pemulihan dari letusan gunung berapi pekan lalu dan dibangunkan oleh guntur gunung berapi. aplikasi slot gacor terpercaya

Penduduk Antonio Habitan mengatakan kepada AFP, “Saya pikir itu hanya hujan, tetapi ketika saya melihat ke luar, ada abu di mana-mana. Sungai kami jernih, tetapi sekarang berwarna abu.

Tidak ada korban jiwa, namun Badan Gempa menaikkan tingkat peringatan menjadi lima tingkat, yang menunjukkan tingkat gangguan yang rendah.

“Saya belum bisa mengatakan ini sudah berakhir. Kita harus berhati-hati dengan Gunung Foshan karena letusan ini kemungkinan akan mengikuti letusan lain,” kata kepala teknisi Renato Solidum kepada stasiun radio lokal DZBB.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Layanan darurat dikerahkan untuk membersihkan jalan yang tertutup abu dan mengidentifikasi kendaraan yang mendekati pengemudi yang gagap.

5 penerbangan telah dibatalkan di area ini.

Kantor bencana regional Joban mengatakan 366 orang berada di tempat penampungan darurat, kebanyakan dari mereka dievakuasi beberapa hari sebelum letusan sebagai akibat dari serangkaian gempa vulkanik.

Gunung berapi Foshan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir, dengan lusinan letusan serupa tercatat pada tahun 2016 dan 2017.

Filipina terletak di “Cincin Api” di Samudra Pasifik, dengan aktivitas seismik aktif, dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

Otoritas Bandara Internasional Manila mengatakan setidaknya delapan penerbangan domestik telah dibatalkan karena aktivitas Bulusan, menurut PNA.gov.Ph.

Penerbangan yang terkena dampak adalah Cebu Pacific (5J) 325/326, Manila-Legazpi-Manila. CebGo (DG) 6111/6112, Manila-Dragon-Manila; dan PAL Express (2P) 2923/2924 dan 2P 2919/2920, Manila Legazpi, Manila.

Minggu pagi, seminggu setelah erupsi Foshan, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mencatat kembali letusan gunung berapi yang disebabkan oleh aktivitas hidrotermal dangkal.

Letusan terakhir berlangsung 18 menit pada pukul 3:37 pagi, tetapi Phivolks mengatakan letusan itu tidak terlihat di layar kamera.

Phivolcs sebelumnya memperingatkan bahwa peningkatan aktivitas seismik atau jumlah gempa vulkanik yang diamati dapat mengindikasikan kemungkinan letusan gunung berapi.

Dalam 24 jam terakhir, telah terjadi 136 gempa vulkanik yang disebabkan oleh pergerakan atau letusan magma dari gunung berapi tersebut. Dalam 24 jam terakhir, gumpalan setinggi hingga 150 meter juga telah diamati.

Letusan lemah didasarkan pada ketinggian gumpalan asap yang muncul dari kawah.

Menurut Phivolcs, fluks belerang dioksida adalah 613 ton per 10 Juni.

Peringatan level 1 berlanjut.

Masuk ke zona bahaya permanen dengan radius 4 km sangat dilarang, dan perhatian khusus diperlukan karena kemungkinan letusan gunung berapi yang tiba-tiba dan berbahaya meningkat di zona bahaya yang diperpanjang 2 km di wilayah tenggara.

Abu vulkanik dari letusan tiba-tiba dapat berbahaya bagi pesawat, jadi pilot tidak disarankan untuk terbang di dekat puncak gunung berapi.

Phivolcs juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sepanjang lembah dan sungai atau aliran sungai, terutama di bagian tenggara, barat daya, dan barat laut bangunan, untuk waspada terhadap aliran sungai yang kaya sedimen dan longsoran selama hujan lebat dan berkepanjangan. peristiwa letusan gunung berapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *