Oktober 5, 2022
Spread the love

Wisata candi Borobudur kini semakin mahal. Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim (Minku Marinves) Luhut Binsar Panjitan mengatakan, tarif masuk baru untuk wisatawan domestik sebesar Rs 750.000 dan untuk wisatawan asing sebesar $100.

“Kami hanya mengenakan biaya Rp 50 ribu, khusus untuk pelajar,” kata Lohut di Instagramnya, Sabtu, 4 Juni 2022. slot kamboja

Akibat kenaikan tarif masuk, jumlah pengunjung Candi Borobudur dibatasi sebanyak 1.200 orang per hari. Kebijakan ini diambil untuk melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Baca juga

Semua wisatawan juga harus menggunakan jasa pemandu wisata lokal di seluruh kawasan Borobudur. Hal ini untuk mengakomodir fungsi sekaligus meningkatkan rasa kepemilikan terhadap situs candi terbesar di dunia itu.

Lohut sekali lagi menulis: “Tanggung jawab untuk memelihara dan melestarikan salah satu situs bersejarah nusantara ini akan terus tumbuh di benak generasi muda masa depan.”

harga tiket masuk salah satu destinasi prioritas utama sebesar Rp25.000 untuk anak-anak usia 3 sampai 10 tahun dan Rp50.000 untuk dewasa. Untuk orang asing, harga tiketnya adalah $25, sekitar 365.000 rupee per orang dewasa, dan $12 untuk anak-anak.

Rencana kenaikan harga tiket wisata Borobudur menuai reaksi dari warganet. Menghidupkan kembali kolom komentar Instagram Luhut.

Seorang netizen berkomentar, “Wu-poong terlalu mahal… Itu bisa dinegosiasikan untuk 50 dolar lokal.”

Orang lain menambahkan, “Terlalu mahal untuk turis lokal seperti itu. Tahukah Anda berapa upah minimum? Jika kami mengajak keluarga kami ke Borobudur,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya berencana mengembangkan Candi Borobudur yang ada saat ini menjadi konsep laboratorium internasional untuk pelestarian cagar budaya.

Selain itu, SPKLU Fast Charge, SPKLU Green Tourism pertama di Jawa, dibangun. Green tourism merupakan konsep pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Jadi operasional armada tahun depan bebas fosil. Saya minta semua pakai mobil listrik, bus atau motor listrik,” kata Lohut

Menurut data Traveloka, destinasi prioritas tinggi di Indonesia terkena dampak positif dari bangkitnya kembali minat masyarakat untuk berwisata. Salah satunya adalah Beaubudur DSP yang sebagian besar datang melalui Yogyakarta.

Yogyakarta menjadi destinasi regional pilihan pengguna Traveloka selama April-Mei 2022. Daya tarik utama adalah keberadaan Candi Borobudur yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra.

Pengunjung didorong untuk merasakan pengalaman menunggu matahari terbit di kawasan candi Borobudur. Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, ada paket wisata dimana Anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan siluet Candi Borobudur di Puntok Sitombo.

Area di sekitar candi tidak terlalu menarik. Ada spot mendayung di Sungai Elo, dan temukan spot foto dengan pemandangan persawahan khas Svargabumi. Sekitar 3-4 km dari Candi Borobudur terdapat banyak desa wisata antara lain Desa Wisata Karangrijo, Desa Wisata Wanurigo dan Desa Wisata Kandirijo.

Menyambut pembukaan kembali atraksi, Traveloca juga mempromosikan destinasi prioritas tinggi melalui berbagai program promosi yang menginspirasi untuk memudahkan perencanaan perjalanan konsumen menjelajahi atau melihat berbagai destinasi lainnya. ” katanya. Shirley Lissana, Chief Marketing Officer. Traveloka.

Selain Borobudur, Danau Toba juga menarik. Dengan luas kurang lebih 1.130 kilometer persegi, danau ini membentang di delapan kabupaten di Sumatera Utara: Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundotan, Samosir, Pakpak Bharat dan Derry.

Ada beberapa alternatif spot bagi pengunjung untuk menikmati danau kawah terbesar di dunia dari berbagai sudut, seperti Menara Tele Pandang, Bukit Holbung atau Bukit Gajah Bobok. Juga di desa Barbovo, sebelah utara Tapanuli, terdapat pemandian air panas yang airnya berbuih dan terasa soda saat diminum.

Sedangkan Mandalika di Nusa Tenggara Barat memiliki Pantai Kuta Lombok sebagai objek wisata. Di sana pasirnya terlihat seperti merica. Atau, Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Aan dan Pantai Seger, Desa Sade dan Desa Sukara untuk belajar tentang suku Sasak dan rumah atap tradisional yang ditanami tanaman serta belajar tekstil.

Likupang dikenal sebagai surga tersembunyi di Sulawesi Utara. Pantai Paal dan Likupan merupakan tempat wisata yang populer untuk dikunjungi. Anda juga bisa menjelajahi Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pulau Bangka dan Pulau Talise. Ada juga Pantai Kinunang dengan pasir putih dan laut biru. Sekitar 650m dari pantai, Bukit Larata merupakan tempat yang bagus untuk berfoto dengan rerumputan hijau.

Terakhir, ada Labuan Bajo yang menawarkan pengalaman melihat biawak raksasa di habitat aslinya. Wisatawan dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo, antara lain Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Ada juga Pulau Padar yang terkenal dengan pemandangan perbukitan dan pantainya. Atau, jelajahi perairan Labuan Bajo dengan tur perahu Venesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.