Februari 3, 2023
Spread the love

Aires – Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga acuan pada Jumat (17 Juni 2022) ke level tertinggi dalam tiga tahun.

Ini terjadi ketika Argentina berjuang untuk mengatasi inflasi yang tinggi menyusul kenaikan suku bunga besar-besaran oleh Federal Reserve AS. bocoran situs slot gacor

Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga utama, relik, sebesar 300 basis poin menjadi 52%.

Ini adalah peningkatan terbesar sejak 2019, didorong oleh meningkatnya kesadaran akan risiko keuangan, kenaikan harga pangan global, dan komoditas lain yang mempersulit penilaian peso.

Kenaikan suku bunga Argentina dimulai baru-baru ini dengan bank sentral di Eropa dan Brasil menaikkan suku bunga.

Argentina memiliki salah satu tingkat inflasi tertinggi di dunia. Negara Amerika Selatan ini menghadapi inflasi yang tinggi, melebihi 60%.

Bank sentral Argentina mengatakan “kenaikan suku bunga terutama untuk mendorong tabungan dalam peso”.

Bank sentral Argentina akan terus menyesuaikan kebijakan moneter dalam kaitannya dengan inflasi, tambahnya.

Kenaikan harga minyak setelah invasi Rusia ke Ukraina telah meningkatkan inflasi global, yang telah menyebabkan harga makanan dan kebutuhan lainnya di seluruh dunia menjadi lebih tinggi.

Argentina, pengekspor biji-bijian utama, sedang bekerja untuk membangun kembali cadangan devisanya yang menipis. Banyak yang memperkirakan inflasi negara itu akan mencapai 70% tahun ini.

Sumber pemerintah Argentina mengatakan mereka memperkirakan inflasi antara 52% dan 62% tahun ini. Itu jauh di bawah perkiraan analis, tetapi jauh di atas target yang disepakati oleh Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai bagian dari kesepakatan baru-baru ini.

Bank sentral Argentina mengatakan pihaknya memperkirakan inflasi bulanan menurun secara bertahap, memuncak pada Maret.

Analis mengatakan kenaikan tajam adalah sinyal putus asa bagi bank sentral untuk menahan inflasi.

Mariano Sardans, CEO FDI Asset Manager, mengatakan kenaikan suku bunga tidak akan menahan inflasi karena kepercayaan terhadap peso telah melonjak. .

Dia memiliki “ketidakpercayaan penuh.

Argentina adalah pengekspor utama kedelai, jagung dan gandum, dan semakin fokus pada ekspor makanan di tengah kekurangan pasokan global. Argentina juga merupakan debitur terbesar IMF, menutup $44 miliar dalam kesepakatan baru awal tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *