Oktober 4, 2022
Spread the love

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan tarif listrik untuk pelanggan dengan kapasitas di atas 3.500VA atau VA efektif 1 Juli 2022. Rencana kenaikan tarif listrik untuk pelanggan sebelumnya telah diangkat oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 19 Mei 2022.

Amandemen ini menaikkan tarif listrik untuk orang kaya sekitar 17%. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kenaikan biaya yang harus dibayar, antara lain kenaikan tajam harga beberapa bahan baku global.  link bola terbar

Akibatnya, biaya pembangkit listrik dasar domestik juga meningkat. Artinya, beban APBN akan bertambah jika subsidi tarif listrik terus berlanjut.

Namun, Direktur PLN Perusahaan Listrik Negara Darmawan Prasodjo mengatakan kenaikan harga listrik tidak berlaku untuk lapisan bawah. Ini berarti bahwa hanya orang kaya yang akan dikenakan tarif terbaru.

Dirut PLN mengatakan penyesuaian tarif dilakukan untuk mencapai tarif listrik yang adil. Secara khusus, penerima manfaat dapat diberi kompensasi dan, tergantung pada ekonomi, tagihan listrik sebesar $3.500 atau lebih dapat dibayar.

Mengapa pemerintah menaikkan tarif listrik untuk orang kaya? Berapa kenaikannya dan berapa yang bisa dihemat dari APBN? Apa saja variasi tanggapannya? Lihat seri infografis kami berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.