Februari 3, 2023
Spread the love

Inovasi terus digencarkan oleh berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem bisnis yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya dilakukan Kopi Kenangan dengan memperkenalkan outlet bertenaga surya pertama yang menggunakan energi terbarukan dalam proses produksi kopi.

Kopi Kenangan bekerjasama dengan Grab dan SUNterra membangun outlet panel surya pertama yang menawarkan setiap cangkir kopi yang dibuat dari sumber listrik tenaga surya. Kerjasama ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022. slot asia

Baca juga

Outlet panel surya ini berlokasi di Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan sinergi ketiga perusahaan ini diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju energi hijau dengan proses produksi yang lebih ramah lingkungan.

Pelabuhan tersebut diresmikan pada 21 April 2022. Pelabuhan panel surya menggunakan 18 unit panel surya seberat 540 kg dan dapat mengubah energi matahari menjadi arus listrik yang digunakan oleh mesin kopi.

Oleh karena itu, setiap gelas yang ditawarkan kepada pelanggan diproduksi dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan. CEO dan co-founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan pembukaan gerai ini merupakan inovasi dan kerjasama tiga perusahaan untuk mendukung kegiatan industri yang lebih hijau.

“Kehadiran baru Pelabuhan Kopi Kenangan RC Veteran ini merupakan bentuk kerjasama kami dengan Grab dan SUNterra untuk mendukung operasional industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ujar Edward Tertanata.

Edward Tertanata berharap inovasi ini dapat memotivasi pihaknya dan pelaku industri lainnya untuk terus berkontribusi dalam memaksimalkan penggunaan energi alternatif. Salah satunya adalah energi surya Indonesia yang melimpah sebagai negara di garis khatulistiwa.

Pernyataan ini juga didukung oleh SUNterra, perusahaan yang mengembangkan proyek panel surya digital. Melayani sektor perumahan, sosial dan komersial, perusahaan memiliki misi untuk meningkatkan akses penggunaan energi surya seluas mungkin untuk semua.

“Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan kontribusi nyata salah satu solusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim,” kata Fanda Soesilo, CEO SUNterra.

Ia berharap, pemasangan panel surya di gerai Kopi Kenangan RC Veterans ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk segera beralih ke energi yang bersih dan berkelanjutan. Sementara itu, Grab juga turut berkontribusi dalam keberadaan gerai RC Veterans dan berkolaborasi dengan Kopi Kenangan dan SUNterra dalam misi mempromosikan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan bagi konsumen.

Dengan komitmen #LangkahHijau yang diterapkan sejak 2019, Grab telah menerapkan banyak inisiatif dan tindakan nyata untuk mendukung gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Tindakan tersebut termasuk mengurangi emisi karbon dioksida serta menjadi operator kendaraan listrik Ride-Hailing terbesar di Indonesia dengan 8.500 armada GrabElectric di delapan provinsi.

Karena itu, Grab sangat bersemangat untuk mendukung proyek ini bersama Kopi Kenangan dan SUNterra untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam gaya hidup yang lebih sehat,” kata Ikki Sari Dewi, Direktur Jabodetabek, Grab Indonesia.

Selain menggunakan energi matahari untuk setiap cangkir kopi yang disajikan, pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan drive through (lantatur) Kopi Kenangan pertama di Jabodetabek. Gerai tersebut juga mengusung konsep stand-alone building untuk memudahkan konsumen dalam memesan kopi.

Kopi Kenangan sebelumnya berhasil menjadi perusahaan Unicorn F&B pertama di Asia Tenggara, sekaligus menambah daftar tujuh perusahaan Unicorn di Indonesia sebelumnya.

“Suatu kehormatan bagi kami untuk mengumumkan pendanaan yang memposisikan Kopi Kenangan sebagai toko ritel F&BU Unicorn baru pertama di Asia Tenggara,” kata Edward Tertanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, pada hari Senin, 27 Desember 2021.

Pencapaian tersebut terjadi setelah perseroan mengumumkan telah menerima pembiayaan Seri C tahap pertama senilai US$96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Pendanaan seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru, Falcon Edge Capital.

Dengan pendanaan ini, valuasi perusahaan kini telah melampaui $1 miliar. Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi Roti, Chigo dan Sweet Memories Stories di seluruh Indonesia.

Kopi Kenangan mendapat pendanaan setelah memantapkan dirinya sebagai merek dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolio baru, seperti merek Roti Roti, ayam goreng Chigo dan soft-cookies Kenangan Manis. Ia mengatakan pertumbuhan pendapatan Kopi Kenangan Group tercatat baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang baik di setiap pelabuhan, sekaligus mengurangi waktu pengembalian modal untuk setiap pelabuhan menjadi lebih singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *