Desember 4, 2022
Spread the love

Pada Rabu, 6 Januari 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya Iriana Jokowi bertolak ke Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Usai menjadi jaksa di pesta ulang tahun Panchasila, Jokowi masih mengunjungi rumah Bung Karno yang diasingkan bersama Ariana. slot

Teks teatrikal Bung Karno yang digambar tangan mewujudkan nilai-nilai persahabatan, kerakyatan, dan cinta alam.

Baca juga

Seperti saat memimpin upacara, Jokowi mengenakan pakaian adat Ende yang dikenal sebagai Ragi Lambu-Luka Lesu saat mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno. Masih mengenakan kemeja putih yang bangga, gaun ini serasi dengan sepotong kain tenun di bahu kanannya.

Ia juga memakai kain hitam bergaris kuning dan biru sebagai bawahannya. Jokowi mengenakan kerudung dengan tulisan ‘Jokowi Ende’ di bahu kirinya. Poinnya diberikan dengan ikat kepala runcing berwarna oranye dan kalung bulat besar.

Seperti Jokowi, Ariana mengenakan pita putih yang serasi dengan hijab dan syal khas Ende. Selain itu, sepatu kets yang dikenakannya terlalu mencolok untuk menarik perhatian. Sepatu ini dikenal sebagai edisi dari rumah mode Italia Gucci.

Sepatu kets Ariana Jokowi yang dikutip dari situs brand mewah tersebut (Rabu, 6 Januari 2022) adalah model Gucci Ace Embroidered Bee dengan bagian bawah berwarna merah. 

Sepatu bagal hitam milik Chanel konsisten dikenakan saat menghadiri acara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2019, 2020 dan 2021.

Seri Pearl dari CHANEL runway black leather slide mule heel shoes, dihadirkan untuk pertama kalinya di runway Chanel Metiers d’Art 2015/16 pada bulan Desember 2015. Latarnya adalah “keledai pertama yang layak pulang”. “

Sepatu kaki hitam diperkenalkan oleh Chanel beberapa dekade yang lalu dan telah menjadi ciri khas mereka sejak saat itu.

Menurut laman Tradesey, dari segi harga, sepatu yang dikenakan Ariana Jokowi seharga $1.100 (sekitar Rp15,8 juta). Warna sepatunya kontras dengan busana achromatic yang dikenakannya pada Agustus lalu untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Saat itu, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung yang didominasi warna merah putih. Sementara itu, Wakil Presiden Maarouf Amin hadir dalam balutan busana tradisional khas Sudan berwarna biru dari wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Atasan dipadankan dengan kain garik batik putih bercorak khas Sunda.

Terkait peringatan HUT Pancasila 2022, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Ende, NTT dan Iriana atas sambutan hangat kedatangannya. Ini merupakan kali pertama pesta ulang tahun Pancasilla digelar di luar DKI Jakarta.

Mereka disambut dengan sangat hangat dari awal datang ke sini sampai sekarang.” Sebutan adat masyarakat Ende..

Ia menambahkan, “Saya kira itulah mengapa Boncarno berpikir dan merenungkan Pancasila, yang dimulai di indie. Saya merasakan kehangatan orang-orang yang selalu dekat dengan para pemimpin.”

Seperti diketahui, 1 Juni secara resmi ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Keputusan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato memperingati pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung pada 1 Juni 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *