September 29, 2022
Spread the love

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia akan terus mendukung upaya pemulihan pascapandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan Jokowi pada Jumat malam (28 Mei 2022) dalam pidato daring pada Konferensi Masa Depan Asia di Jakarta.  slot asia

Seperti diberitakan Antara, Presiden Jokowi mengatakan, “Indonesia akan terus mendukung upaya pemulihan pascapandemi.”

Jokowi mencontohkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Jepang. Dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, Presiden Kishida Fumio di Jakarta pada April 2022, Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperkuat kemitraan ekonomi dan meningkatkan perdagangan dan investasi di luar tren pra-epidemi.

Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperluas akses pasar dan mengatasi hambatan perdagangan, khususnya ekspor hasil pertanian dan kelautan Indonesia.

Kedua, Indonesia akan terus mengupayakan kerjasama dalam kerangka ASEAN. Indonesia akan terus mendorong negara-negara ASEAN untuk bekerja keras bersama agar lebih menikmati rantai nilai global untuk menaiki tangga pembangunan.

Presiden Moon menekankan perlunya implementasi segera Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang disetujui dua tahun lalu, untuk mempromosikan integrasi ekonomi regional yang saling menguntungkan.

Ketiga, Indonesia sebagai negara ketua G20 pada 2022 menginginkan G20 menjadi katalisator pemulihan ekonomi global.

Presiden mengatakan ada tiga bidang penting yang akan menjadi prioritas kepresidenan Indonesia: penguatan struktur kesehatan global. Transformasi digital untuk memperkuat sumber pertumbuhan baru dan memperluas peluang ekonomi, termasuk dukungan teknologi, investasi, pembiayaan transisi energi, dan transisi energi mikro, UKM untuk memastikan pembangunan hijau, terutama untuk negara berkembang.

“Saya berharap 2022 akan menjadi tahun pemulihan. Sekali lagi, saya berharap para peserta konferensi akan memunculkan ide dan terobosan yang akan mempercepat pemulihan dan kebangkitan global.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.