November 28, 2022
Spread the love

Presiden Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Pancasila tidak menyatukan bangsa Indonesia. Dia tidak hanya mengatakan bahwa Pancasila adalah bintang yang membimbing bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dan cobaan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berkendara ke pesta ulang tahun Pancasila pada Rabu, 6 Januari 2022 (6 Januari 2022) di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).  slot gacor 2022

“Pan Chasila telah menjadi bintang pemandu ketika Indonesia menghadapi tantangan dan cobaan, dan ini telah terbukti berulang kali sepanjang sejarah negara ini,” kata Perdana Menteri Jokowi dalam siaran di situs YouTube Kantor Presiden, Rabu.

Menurutnya, negara dan negara Indonesia dapat tetap kokoh sebagai negara yang kuat karena berdasarkan Pancasila. Maka Jokowi mengingatkan bangsa Indonesia untuk melatih dan memperjuangkan Pancasila.

 Khususnya kepada pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh partai politik, serta tokoh dan tokoh kelompok masyarakat.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pesta ulang tahun Panchasila selalu diadakan di Gedung Panchasila Kemlu.

Untuk pesta ini, Jokowi mengenakan pakaian tradisional ende, Ragi Lambu Luka Lesu dengan perpaduan embel-embel merah dan hitam. Sementara itu, Ariana mengenakan rok kombinasi warna cokelat dan ungu tua.

Acara di Lapangan Pancasila Ende ini diikuti oleh siswa SD, SMP, SMA dan TNI-Polri. Meski demikian, perayaan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, dan Trai Sutrisno, Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia. Yodyan Wahyudi, Direktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) juga hadir.

Seperti diketahui, 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur resmi kelahiran Panchasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 dari Presiden Joko Widodo. Keputusan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato memperingati pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung pada 1 Juni 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *