Februari 3, 2023
Spread the love

Kamboja dan China membantah laporan bahwa kedua negara sedang membangun fasilitas angkatan laut rahasia untuk kapal perang Beijing. Perdana Menteri baru Australia, Anthony Albanese, menyatakan keprihatinan atas laporan tersebut dan menyerukan transparansi.

Seperti dilaporkan AFP pada Rabu (8/6/2022), Washington Post, mengutip seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa fasilitas baru di pangkalan angkatan laut Kamboja Ream sedang dibangun untuk penggunaan ‘eksklusif’ oleh China. Angkatan laut. slot online terpercaya

Pangkalan Angkatan Laut Ream terkenal dengan lokasinya yang strategis di Teluk Thailand.

Pangkalan juga telah menjadi isu sensitif dalam hubungan Kamboja-AS selama bertahun-tahun. Washington telah lama menduga bahwa pangkalan itu dialihkan oleh China untuk meningkatkan pengaruh internasionalnya melalui jaringan pos-pos militer.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Phnom Penh, Wakil Perdana Menteri Kamboja Prak Sokhon membantah laporan media itu sebagai “tuduhan tak berdasar” selama panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Kamboja Pi Sivan bersikeras bahwa pembangunan pangkalan itu “bukan rahasia”.

“Kamboja tidak akan membiarkan militer China menggunakannya secara eksklusif atau mengembangkan situasi menjadi pangkalan militer,” kata Sevan kepada AFP.

Lihat juga “Pemikiran Desain untuk Pesawat Luar Angkasa Shenzhou-14”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *