Oktober 5, 2022
Spread the love

Melalui Otoritas Pelabuhan, Departemen Perhubungan, Otoritas Transportasi Laut, berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya tenaga terampil, dalam rangka pengelolaan pembangunan fasilitas pelabuhan.

Salah satu upaya untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan bagi KPA, PPK, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas adalah Kegiatan Pengembangan/Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan TA 2022. link slot

Dalam sambutan pembukaan acara tersebut, Direktur Pelabuhan Subaggio mengatakan bahwa semua pihak, baik peserta, pimpinan divisi masing-masing, dan seluruh mitra bisnis, secara tidak langsung akan merasakan manfaat dari pelatihan ini. Termasuk masyarakat yang memiliki kontak langsung dengan Dinas Perhubungan. Pelaksanaan pelatihan ini positif.

Ia mengatakan, Jumat (17/6) di Jakarta, “Kegiatan pelatihan ini dapat mengarah pada optimalisasi pelaksanaan pembangunan fasilitas pelabuhan untuk mendukung kelancaran arus orang dan barang yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sekitarnya”.

Pelatihan peningkatan kompetensi teknis ini merupakan wadah bagi pengelola anggaran dan pengguna jasa (stakeholder) untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan profesional dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga profesional, dalam pengelolaan proyek pembangunan fasilitas pelabuhan. Penegakan dan Pengawasan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Membangun fasilitas pelabuhan berkualitas tepat waktu, hemat biaya dan bertanggung jawab.

Untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan KPA dan PPK, pelatihan juga melibatkan tenaga ahli eksternal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perumahan Rakyat, PT Virama Karya dan akademisi dari universitas di Indonesia.

Sebagai informasi, pelaksanaan pelatihan peningkatan keterampilan teknis bagi KPA, PPK, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas dalam kegiatan pembangunan/rehabilitasi fasilitas pelabuhan pada tahun anggaran 2022

meliputi 77 untuk 82 kegiatan pembangunan/pembangunan/rekonstruksi fasilitas pelabuhan di lingkungan Kantor Umum. Dua unit pelaksana teknis diikutsertakan. Dari pengiriman laut yang dihadiri oleh KPA, PPK, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas melalui aplikasi Zoom Meeting online.

Beberapa artikel yang dibahas adalah:
1. Kebijakan Pengembangan Fasilitas Pelabuhan dari Otoritas Pelabuhan.
2. Pengawasan internal APIP
3. Mekanisme anggaran dan review anggaran Kementerian Keuangan.
4. Proses penyusunan anggaran Kementerian Perhubungan dari Departemen Perencanaan Administrasi Umum Perkapalan
.
5. Pelelangan dan Pencatatan BMN di Kantor LPPBMN
6. Proses Pencatatan Hasil Kegiatan di BMN, Proses Pencatatan Aset Sistem Pengecualian dan Sisanya Berkas.

Pada hari kedua, materi berikut dirilis:
1. Data dan pemahaman manajemen kontrak dan pekerjaan konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan Pengembangan Departemen PUPR.
2. Manajemen proyek konstruksi d. sinar inframerah. Afrizal Norsin, MT (Universitas Akademi Indonesia);
3. Manajemen waktu dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan Labuan Bajo di Virama Carya . 4. Kontrol kualitas hasil pekerjaan oleh 2 Kepala Otoritas Pelabuhan (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.