Februari 3, 2023
Spread the love

Kemenkumham menjadi sasaran 385.980 serangan siber dalam enam bulan. Demikian disampaikan Komjen Paul Endab Budi Rivianto, Sekretaris Jenderal Kementerian Kehakiman.

Setelah meluncurkan aplikasi Computer Security Incident Response Team (KUMHAM-CSIRT) di Graha Pengayoman, ia mengatakan, “Dalam enam bulan terakhir, Departemen Kehakiman telah menerima 385.980 serangan siber. Rata-rata 2.150 serangan per hari.” Selasa (20-06-14). slot online gacor

Menanggapi serangan tersebut, Kementerian Kehakiman telah meluncurkan aplikasi Cyber ​​Incident Response Team atau Tim Respons Insiden Keamanan Komputer (KUMHAM-CSIRT).

Andap mengatakan, tujuan dibentuknya CSIRT adalah untuk mencegah serangan siber oleh banyak pihak dengan motif mulai dari coba-coba hingga motif ekonomi, politik, dan ideologi. Serangan dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri.

dia berkata Andap berharap aplikasi ini mampu bertahan dari serangan siber yang menyasar kementerian di bawah pimpinan Yasonna Laoly.

“Tujuan dibentuknya KUMHAM-CSIRT adalah untuk memerangi ancaman dan tantangan segala bentuk serangan siber, khususnya di lingkungan Kementerian Hak Korporasi, dan untuk melindungi masyarakat dari niat merusak persatuan, integritas, dan demokrasi. ” kata Andab.

Menurut data pusat data dan teknologi informasi Departemen Kehakiman (Posdaten), sebagian besar serangan siber menargetkan situs web Departemen Kehakiman, aplikasi pesan internal, dan aplikasi karyawan.

Secara khusus, di situs web Departemen Kehakiman, serangan mencakup 71% sesi berbahaya, 21% injeksi kode sisi server, dan 6% pemindaian berbahaya. Serangan terbesar terjadi di Amerika Serikat sebesar 71%.

“Berkat serangan-serangan ini, kami dapat mengusir mereka,” kata Andab.

CSIRT adalah organisasi atau tim yang menerima, meninjau, dan menanggapi laporan dan aktivitas keamanan siber. Beberapa kemampuan tim CSIRT termasuk menyediakan layanan interaktif dari rekonsiliasi insiden, triase dan resolusi.

Kementerian Hak Korporasi terpilih sebagai salah satu dari 25 kementerian/lembaga yang ditugaskan untuk membentuk CSIRT.

Andap menjelaskan, CSIRT dibentuk sebagai bentuk perlindungan dan kedaulatan data. Andap menekankan bahwa dia tidak akan menyerah pada pihaknya dalam menghadapi serangan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *