September 29, 2022
Spread the love

Kementerian Perhubungan(Kemenhub) tengah melakukan pembenahan di Stasiun Manggarai Jakarta. Nantinya, Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia.

Artinya, Kegiatan Transit skala besar dan operasi smua jenis kereta bakal dipusatkan di Stasiun Manggarai. Selain itu, Stasiun Manggarai juga bakal menjadi pusat layanan integrasi moda baik antarmoda maupun antarmoda. slot jackpot

Mengacu rencana jangka panjang, setelah stasiun Manggarai jadi stasiun sentral, Operasi kereta jarak jauh juga akan memantau di stasiun ini. Sehingga Stasiun Gambir tak lagi jadi tumpuan kereta jarak jauh. 

Rudi Paulos mengatakan stasiun Gambir kemungkinan akan dilayani oleh Kereta Api Listrik (KRL), kepala Jakarta dan Pusat Rekayasa Kereta Api Regional Banten. Tujuannya juga untuk membagi kepadatan penghuni.

“Desain stasiun Manggarai yang lengkap sebenarnya dirancang untuk KA jarak jauh yang hanya berhenti di stasiun Manggarai saja,” ujarnya saat berbincang dengan komunitas kereta api (Ngobras) untuk mempersiapkan stasiun Switch Over 5 Manggarai, tertulis, Kamis. (2022-05-26).

Dia berharap skenario ini bisa mengurangi kemacetan penumpang di Stasiun Sudirman.

Informasinya, selama ini stasiun Gambir hanya ditawarkan khusus pada kereta api jarak jauh. Untuk memaksimalkannya, KRL hanya melewati stasiun Gambir.

DJKA juga sedang melakukan Switch Over 5 di stasiun Manggarai atau akan mengubah mode pindah. Setelah itu, transfer center menuju Tana Avang, Bekasi, dan Cikarang akan dilakukan di Stasiun Mangarai.

Namun belum diketahui kapan bisa direalisasikan. Hingga saat ini, ia masih bekerja di PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Terkait timeline SO, ada beberapa langkah yang harus dilakukan hingga akhir tahun 2023.

Tahap 2 yang bertujuan untuk menyelesaikan pengoperasian Stasiun Mangarai di sisi timur Paket A, diharapkan selesai pada tahun 2023. 2025.

Rod Paulos, yang sebelumnya menjabat Kepala Balai Besar Teknik Perkeretaapian Regional Jakarta dan Banten, mengatakan SO 5 merupakan bagian dari upaya mengubah Stasiun Manggarai menjadi stasiun pusat.

“Ini akan menggabungkan multimoda dan pengendalian hama. Ada beberapa yang selama ini belum terhubung langsung. Bagaimana dengan KRL dengan kereta jarak jauh, bagaimana dengan kereta bandara? Setelah stasiun pusat ini bekerja, semua aktivitas akan fokus di sini. Nanti,” jelasnya.

Dia mengumumkan bahwa dia akan menerapkan jalur khusus untuk setiap kereta melalui SO 5. Termasuk kereta jarak jauh dan KRL.

“Ini merupakan bagian integral dari program dual-track. Nantinya dua track untuk KRL dan dua track untuk KA jarak jauh. Terpisah secara otomatis dan masing-masing harus memiliki track sendiri-sendiri, sehingga kecepatan dan keselamatan juga ditingkatkan secara optimal. .”

Target proses 2023 dapat tercapai”

Oleh karena itu, setelah pelaksanaan kegiatan SO 5, rute stasiun Manggarai yang melayani penumpang KA akan diubah. Setelah SO 5, hanya Jalur 3, kereta jarak jauh, yang akan beroperasi di Jalur 1 dan 2 yang berangkat dari Stasiun Mangarai. Sedangkan feri KRL Bekasi/Cikarang akan beroperasi di Jalur 6 dan 7 dari Stasiun Mangarai. Jalur Bogor dilayani pada jalur 10, 11, 12 dan 13.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.