Februari 3, 2023
Spread the love

Polisi berencana mengubah stripping kendaraan polisi lalu lintas (Pulantas) dari merah menjadi putih.

Kepala Perhubungan Kepolisian (Kakorlantas), Inspektur Firman Santhiabudi menjelaskan, perubahan warna strip kendaraan menjadi putih membuatnya lebih terlihat dari sebelumnya.

Jadi kalau putih sesuai ” 6 2022 Pada Selasa, 14 Mei, katanya dalam kesaksiannya. link slot gacor

Kapolri yang mendapat bintang dua itu juga menegaskan, perubahan warna mobil polisi lalu lintas itu tidak dimaksudkan untuk keanggunan. Saya berharap warna putih akan terasa lebih baik dari warna sebelumnya.

“Jadi bukan untuk gaya. Masuk akal dan saya ingin polisi masuk dan masyarakat mengerti. Jika ada yang menemukan mobil polisi seperti ini, itu akan membuka jalan,” kata Ferman.

Penerapan sistem e-ticket atau E-TLE terbukti efektif dalam mencegah pelanggaran lalu lintas. Bahkan, polisi berencana meningkatkan penggunaan teknologi serupa dan lebih canggih, INCAR (Integrated Node Capture Record), kartu elektronik ponsel.

Padahal, sistem yang sama diterapkan oleh Dishub Gresik dua pekan lalu. Misinya adalah membantu Polantas Polri dalam menertibkan pelanggar lalu lintas. Sistem dapat mencatat rata-rata lebih dari 100 pelanggaran per hari.

Sistemnya sendiri merupakan perangkat canggih yang terintegrasi dengan mobil patroli Satlantas. Perangkat khusus ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang memproses, mendeteksi, dan mengidentifikasi objek tertentu.

INCAR juga memiliki fitur-fitur canggih seperti GPS ETLE, pistol, pengenalan wajah dan pengenalan plat nomor otomatis.

Dengan kata lain, dapat menentukan lokasi kendaraan, kecepatan, wajah pengemudi, nomor plat, dan bahkan melakukan fungsi tiket otomatis.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis menjelaskan melalui AKP Engkos Sarkosi, Kepala Dinas Perhubungan, sistem tersebut dapat mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas seperti penggunaan helm, sabuk pengaman, pelanggaran arus, pelanggaran sinyal dan batas kecepatan.

Saat Anda bertemu dengan pelanggar lalu lintas, Mobil INCAR secara otomatis memotret pelanggar tersebut. Data tersebut kemudian dikirim ke RTMC untuk diverifikasi. Ketika Anda menutup data, tiket dikirim ke alamat.

Mantan Polisi Sakubana Pamkasan mengutip situs resmi Kepolisian NTMC pada tanggal 23 dan menambahkan, “Berdasarkan hasil verifikasi, kami akan mengisi formulir konfirmasi berdasarkan pengenalan wajah menggunakan ID elektronik dan mengirimkannya ke alamat pelanggar.” (30 September 2021).

Salah satu kendaraan INCAR Polres Gresik dilengkapi empat kamera di atas mobil patroli.

Dua kamera merekam bagian depan dan dua kamera merekam bagian belakang. Sehingga pengawasan ini lebih baik dan kemungkinan pelanggar terdaftar.

Namun, perlu ditekankan bahwa tidak perlu khawatir. Selama lalu lintas tertib dan sesuai peraturan, tilang polisi lalu lintas tidak akan pulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *