Januari 28, 2023
Spread the love

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menambah 28 pegawai pada Wakil Pejabat Eksekutifnya. Total penyidik ​​di Polri berjumlah 28 orang, dan mereka berafiliasi dengan kepolisian dan internal lembaga antikorupsi.

Ali Fikri, Pj Juru Bicara KPK, dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022):

Ali mengatakan 28 pegawai baru akan dilantik hari ini. Mereka mendapat pelatihan dan pelatihan membentuk penyidik ​​dan penyidik ​​selama satu bulan di Kejaksaan Negeri (Kejagung) sebelum diambil sumpahnya. slot jackpot

Ali mengatakan, rekrutmen ini diharapkan dapat memperkuat upaya pemberantasan korupsi melalui strategi implementasi KPK.

Sementara itu, 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipecat setelah gagal dalam TWK (Uji Wawasan Nasional). Mereka tidak lulus ujian menjadi pegawai negeri sipil (ASN).

Juru bicara KPK Ali Fikri memastikan tidak ada pelanggaran Tes Wawasan Nasional (TWK) bagi pegawai KPK.

Ali berharap keputusan KPK untuk tidak membiarkan mayoritas pegawainya diterima semua pihak. Namun, jika hal itu tidak dapat diterima, KPK mendesak agar mereka menempuh jalur hukum melalui PTUN.

Sementara itu, mantan penyidik ​​KPK Udi Purnomo tidak kaget dengan pengumuman Peraturan Nomor 1 Tahun 2022 Komisi Staf KPK (Birkum). Yudi meyakini pimpinan KPK akan melakukan segala cara untuk mencegah dirinya dan mantan pegawai lainnya kembali ke KPK.

Dalam keterangannya, Jumat, 2 November 2022, dia mengatakan, “Saya menanggapi dengan bijak kontroversi terkait Bercomini. Di KPK, karena Berkum sebenarnya dibuat oleh pimpinan Partai Komunis Kurdi yang secara sepihak menolak saya sebagai penyidik.”

Yudi mengaku, selama ini dirinya dan mantan pegawai KPK lainnya memang fokus bekerja sebagai pegawai negeri sipil (ASN) di Mapolres.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan peraturan baru bagi pegawai KPK, Perkom No. Diumumkan 1 tahun 2022.

Dalam Perkom terbitan 27 Januari 2022, ia membahas berbagai hal terkait perekrutan, mulai dari pembelian, penugasan, promosi, hingga pemindahan orang.

Pasal 3 mengatur bahwa pegawai Korporasi terdiri dari pejabat publik (PNS) dan pejabat publik (PPPK) yang telah melakukan kontrak kerja. Jika diperlukan untuk meningkatkan fungsi dan fungsi organisasi, Komisi dapat mencari dan menerima pengangkatan pejabat publik dan anggota kepolisian Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 6(4) mengatur persyaratan bagi pelamar untuk mengisi staf kelembagaan untuk pelatihan pegawai negeri sebagai berikut:

semua. 18 tahun (18 tahun) atau lebih tua 35 tahun (35 tahun) atau lebih muda

hujan. tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, diancam dengan pidana penjara paling singkat dua tahun (dua tahun);

Benih. Mereka tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau dipermalukan sebagai pegawai perorangan karena permintaan atau kekasarannya sebagai pejabat publik, anggota TNI, anggota polisi, atau anggota komite.

Pasal 11 selanjutnya menyatakan bahwa dalam upaya memenuhi kualifikasi persyaratan jabatan pada ayat (1), pejabat dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat 2 ikut serta dalam pemilihan: kondisi:

semua. Tidak sedang menjalani pemeriksaan dan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dan/atau moral dalam 1 (satu) tahun terakhir

hujan. Mereka tidak pernah dipecat secara tidak jujur ​​sebagai PNS, anggota TNI, anggota TNI, pegawai komite, atau diberhentikan secara tidak jujur ​​sebagai pegawai khusus selain atas permintaan sendiri.

Aturan ini mencegah Novel Baswedan cs kembali menjadi staf KPK. Pasalnya, novel Novel Baswedan cs ditolak dengan halus, bukan permintaannya. Novel ini ditolak karena tidak lulus Uji Wawasan Nasional (TWK).

Perkom disusun Jakarta pada 27 Januari 2022 dan ditandatangani Ketua KPK Ferli Bahuri. Peraturan ini diterbitkan di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2022 dengan ditandatangani oleh Benny Ryanto, Sekretaris Jenderal Divisi Corporate Rights Cabang Legislatif.

Perkom ini telah dimuat dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2022.

Komisaris Jenderal Polisi Listio Sigit menyambut hangat 44 mantan pegawai KPK ke dalam keluarga besar Polri. Usai acara pembukaan yang digelar di Polda Metro Jaya pada Kamis sore, 9 Desember 2021, resmi diumumkan menjadi ASN Polri.

“Tentu kita semua menyambut baik dan menyambut rekan-rekan yang sedang memperkuat jajaran organisasi Poli untuk semakin mempertegas komitmen pemberantasan korupsi,” jelas Listio dalam sambutan pembukaannya di Ruang Lopatama Polda Metro Jaya, Kamis. . Desember 2021.

Menurut Listeo, pemberantasan korupsi bukan hanya soal penegakan hukum, tapi harus fundamental. Ia menilai keberadaan mantan pegawai KPK sudah tidak diragukan lagi.

“Teman-teman, dengan rekam jejak yang tidak diragukan lagi, saya yakin Anda akan memperkuat organisasi Polly untuk memerangi korupsi,” kata Listio.

Listyo setuju bahwa Indonesia saat ini menghadapi tantangan untuk meningkatkan indeks persepsi korupsinya. Diketahui indeks persepsi korupsi Indonesia turun 3 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jadi kami yakin dengan bekerja sama dengan kami dapat meningkatkan indeks persepsi korupsi,’” pungkas Listio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *