Desember 4, 2022
Spread the love

Ukay Karyadi, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), menilai perkebunan sawit di Indonesia perlu didirikan. Hal ini karena memiliki pengaruh penting dalam menentukan harga dan pasokan minyak goreng di masa depan.

Pandangan OK, distribusi penguasaan lahan atau kepemilikan kebun sawit saat ini belum optimal. Ternyata hanya segelintir perusahaan yang menguasai sebagian besar perkebunan kelapa sawit di Indonesia. slot resmi

Dengan demikian, dapat merujuk pada praktik kartel terkait harga dan pasokan minyak goreng hilir. Hal ini karena perusahaan integrasi hulu dan hilir dapat dengan mudah mempengaruhi kondisi pasar akhir ketika dikuasai.

Dia mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa (31 Mei 2022) bahwa “Tindakan kartel ini akan lebih mudah ditunjukkan hanya pada sumbernya. Oleh karena itu harus diatur dari atas.”

Ia mengatakan, KPPU masih membutuhkan satu alat bukti lagi untuk membuktikan adanya praktik lumrah di industri minyak goreng.

Sebelumnya, Partai Persatuan Demokrat memprotes adanya kartel akibat penyesuaian harga minyak goreng kemasan secara serentak. Seiring berjalannya waktu, kebijakan komplementer pemerintah tidak mampu menurunkan harga ke kondisi sebelum kenaikan harga pada akhir tahun 2021.

Diakui Gubrera, dari temuan sejauh ini belum bisa disimpulkan bahwa penguasaan berlebihan atas areal sawit tersebut merupakan indikasi langsung adanya aktivitas kartel. Masih menunggu proses selesai nanti.

Beberapa data yang kami lihat menunjukkan perilaku komersial yang sama dari produsen sehubungan dengan penawaran atau harga.

Dia mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa (31 Mei 2022) bahwa “Saya mengusulkan untuk membatasi penggunaan perkebunan kelapa sawit secara perusahaan-per-perusahaan, bukan oleh perusahaan, tetapi oleh kelompok bisnis.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *