Januari 28, 2023
Spread the love

Kantor Kepresidenan Indonesia (KSP) Medan menekankan pentingnya percepatan penyelesaian pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol rel kereta api Bandartinggi-Kuala Tanjung di Sumatera Utara.

Kepala Ahli KSP Helson Siagian mengatakan percepatan pembangunan jalan depan mutlak diperlukan agar KA Bandartinggi-Kuala Tanjung bisa segera beroperasi. link slot gacor

Jika tidak segera diselesaikan, pengoperasian jalur Bandartengki-Kuala Tanjung juga akan terhambat,” kata Hilson. Cina. Sabtu (6 April 2022) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Koordinasi Kemaritiman, LMAN, BPKP, ATR/BPN dan Pemerintah Sumut di Medan.

Hilson menjelaskan, pembangunan dan pengoperasian kereta api Bandartingi-Kuala Tanjung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan program kerja Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan infrastruktur.

Sebagai bagian dari jaringan KA Trans-Sumatera, jalur tersebut akan mendukung koneksi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kami berharap percepatan luar biasa yang disepakati pada pertemuan ini akan terwujud dan kami ingin mendengar dari Anda tentang beberapa kemajuan penting,’ “ucap hilson..

Sekretaris Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kimenhub) Zulmafendi mengatakan, pembangunan jalan depan atau assembling untuk KA Bandartinggi-Kuala Tanjung sangat dibutuhkan.

“Tidak ada lagi simpang datar yang bisa membahayakan keselamatan masyarakat dengan jalan di luar,” katanya.

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan depan KA Bandartinggi-Kuala Tanjung di beberapa lokasi menggunakan lahan milik BUMN PT Inalum.

Dalam pertemuan tersebut, PT Inalum menyatakan siap melakukan proses pengelolaan lahan yang dinilai dan setuju menerima ganti rugi sebesar Rp 15,7 miliar.

Di sisi lain, dalam hal penguasaan tanah termasuk tanah bersama, diharapkan pemerintah daerah segera berkomunikasi dengan pemilik tanah.

Agus Tripriyono, Ketua Tim Percepatan PSN Sumut, mengatakan, “Kami berharap masalah pembebasan lahan bisa dikomunikasikan dengan lebih baik sehingga proyek bisa segera selesai.

Usai rapat koordinasi, Ketua Ahli KSP Nelson Siyajian langsung turun ke lokasi pembangunan jalan seberang untuk mengecek apakah lahan sudah siap.

Sebelumnya, PT Perkebunan Nusantara III bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas yang ada di Terminal Serbaguna Kuala Tanjung, Sumatera Utara dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Kerjasama ini ditandatangani pada Sabtu 8 Januari 2022 oleh Dirut PTPN III Perkpunan Nusantara III, Direktur Strategi Pelindo Abdul Ghani, Prasetyo dan Dirut KAI Dedek Hartanteo dan disiarkan langsung oleh BUMN. Menteri Erick Thohir dari PT Office Prima, Multi Terminal, Kuala Tanjung.

Menteri BUMN Eric Tohir mengatakan Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan pelabuhan terbaik dan memiliki potensi besar, namun masih kurang dimanfaatkan.

“Kami mendorong kerjasama antara PTPN, Pelindo dan KAI untuk membangun dan membuat KA barang langsung dari KEK Sei Mangkei ke Kuala Tanjung semakin besar dan besar sehingga akan menjadi bagian yang sangat besar dari kesempatan kerja bagi masyarakat Sumut,” jelas Eric, aku melakukannya.

Ruang lingkup kerja sama ini adalah optimalisasi fasilitas pelabuhan dan sinkronisasi rencana pembangunan perkeretaapian dan klaster industri.

Dengan langkah ini, Terminal Multiguna Kuala Tanjung diharapkan dapat menjadi pelabuhan pelayaran dan/atau pelabuhan tujuan distribusi logistik, bahan baku dan hasil pertanian dari peternakan grup SEI Mangkei dan PTPN, dengan mengoptimalkan penggunaan KA KAI.

“Indonesia harus punya ekosistem sendiri, bekerja sama dengan swasta, UKM dan pihak lain. Saya setuju integrasi kawasan pelabuhan dan kawasan industri yang didukung oleh kereta api, serta produk milik BUMN dan swasta. ekosistem yang kita bangun sekarang dapat menyeimbangkan perekonomian Indonesia karena kita bekerja sama untuk mengembangkan wilayah kita sendiri.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *