Oktober 5, 2022
Spread the love

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi (Minlo) Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud. Kunjungan tersebut berlangsung di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa 7 Juni 2022.

Menjelaskan hasil kunjungan tersebut, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Faisal, membahas beberapa hal, termasuk haji.

Presiden menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan haji tahun ini setelah wabah belum terlaksana. Retno menjelaskan dalam keterangan pers yang diterima Rabu (7/6/2022) bahwa haji selama dua tahun.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Presiden Jokowi mengapresiasi kebijakan Saudi yang memberikan Indonesia kuota haji terbesar tahun ini. Diketahui sebanyak 100.051 jemaah haji Indonesia bisa diberangkatkan ke Arab Saudi tahun ini.

Menanggapi apresiasi Jokowi, Menteri Luar Negeri Faisal mengatakan, jika situasi COVID-19 membaik, kuota haji tahun berikutnya akan ditambah dengan membangun fasilitas untuk mendukung pelaksanaan haji.

Terkait fasilitas tersebut, Jokowi menyampaikan rencana Indonesia untuk membangun rumah Indonesia di kota suci Mekkah. Hal itu dilakukan semata-mata untuk memberikan dukungan maksimal kepada jemaah haji dan umrah Indonesia. slot indo

Sebagai informasi, otoritas Saudi saat ini telah mencabut larangan kunjungan warganya ke Indonesia. Ini merupakan hasil pembicaraan panjang antara pihak Indonesia dan Arab Saudi, yang mencakup data perkembangan situasi Covid-19 di Indonesia yang masih terkendali.

Diketahui, dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Di sisi lain, Menlu Saudi didampingi Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Issam Abed Al-Thaqafi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.