September 29, 2022
Spread the love

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengundang Partai Keadilan (PKS) yang sedang berkembang pesat ke dalam koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dengan adanya KIB, Zulhas berharap semakin banyak calon presiden untuk menghindari eskalasi konflik antar pendukung seperti Pilpres 2019.

Kunto Adi Wibowo, Direktur Utama Lembaga Penelitian KedaiKOPI, menilai peluang PKS bergabung dengan KIB kecil. Pasalnya, KIB akan didominasi oleh partai Islam dan mempersempit pasar pemilih. slot

“Saya kira peluang untuk bergabung dengan KIB sangat tipis,” kata Konto.

Konto juga menduga Anees Baswedan akan digusur oleh KIB jika PKS bergabung. Sebab, pimpinan parpol di KIB, seperti Erlanga Hartarto dan Zulkipli Hassan, juga ingin menjadi calon presiden. Apalagi Golkar memiliki jumlah kursi terbanyak di parlemen dibandingkan PAN dan PPP milik KIB.

Kelemahan lainnya adalah tiga koalisi yang dicita-citakan KIB akan sangat sulit dicapai jika PKS bergabung dengan mereka.

Pilpres 2024 sedang diupayakan dua atau lebih calon.

Sementara itu, pengamat politik Ojang Kumarudin memperkirakan PKK akan kacau balau jika bergabung dengan KIB. Sebab, di KIB tidak jelas siapa calon presiden dan wakil presiden.

Ojang menilai, jika KIB merupakan koalisi tiga parpol: Golkar, PAN, dan PPP, seharusnya Airlangga Hartarto naik ke pencalonan presiden.

Ujang mengatakan, “Tapi kalau KIB itu dibentuk oleh keraton, bisa jadi calon presiden Zhangar, karena dia bisa menentang poros PDIP-Gerindra. Ini akan mempengaruhi dukungan PKS terhadap KIB.”” kata Ujang.

Ditambahkannya, “Kalau calonnya Gangar, ‘calon’ keraton, PKS tidak akan ikut, tapi kalau KIB punya Irlanga-Anis atau Anis-Irlanga, PKS bisa ikut.”

PKS masih memantau dinamika politik yang sedang berlangsung. Dikatakan bahwa Rafi Ahmed melarikan diri karena masih menggunakan jurus tuan yang mabuk,” katanya.

Sebelumnya, Ketua PAN Zulkifli Hasan mengundang PKS ke dalam Aliansi Indonesia Bersatu (KIB). Demikian diberitakan Minggu (29/5) dalam acara Milad PKS ke-20 di Istora Senayan.

Dia berharap KIB akan meningkatkan konflik antar pendukung, bukan hanya dua calon presiden, seperti pada pemilihan umum 2019.

“Tidak ada dua calon lain. Kalau bisa tiga lebih bahagia, untuk mengurangi suasana ramai dan tidak produktif.”

Partai PKS sendiri merupakan salah satu partai yang mendukung Anis dalam Pilgub Jakarta 2017, dan masa jabatan Anise di Jakarta berakhir pada 2022.

Anies mengatakan di Istora Senayan: “Sepeda Habib Salem melaju di jalan raya, Habib Abubakar dan Pang Syaikhu mengikuti mobil kemarin, PKS kemarin penuh kenangan, dan PKS kembali besok penuh harapan.”

Seisi blok PKS riuh mendengar pantun Anais. Mereka memberikan tepuk tangan meriah.

Sejak acara dimulai, kehadiran Anies benar-benar membuat penggemar PKS tetap hidup. Salah satunya saat Habib Abu Bakr al-Habsi, Sekjen Partai Keadilan dan Pembangunan, menyambut kehadiran politisi, termasuk nama Anis. Semula, Apo menyambut baik para elite politik yang hadir.

“Ini Mas Ipas (Eddie Paskoro Yudhoyono) warna biru, Buck Rachmat Jubil warna Nasdeem, Mas Ferman (Subagyo) warna kuning dan Buck Anis Baswedan warna orange,” kata Abu kepada Astora Senayan.

Begitu mereka mendengar nama Anise, sorak-sorai penonton naik. Dalam upacara tersebut, seru calon presiden Anis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.