Februari 3, 2023
Spread the love

Menteri Perdagangan (Mandag) Muhammad Lutfi mengatakan akan berusaha mengembalikan uang korban transaksi bot karena uang itu milik korban dan harus dikembalikan.

Namun, kata Lotfi, uang yang bisa dikembalikan tidak akan sesuai dengan uang yang dikumpulkan sebelumnya oleh bot trading karena menggunakan sistem Ponzi. link slot gacor

Lotfi berkata, “Nanti saya akan periksa ke polisi untuk melihat apakah sebenarnya ada uang yang tersisa, tetapi ketika saya membayar uang itu, itu adalah sistem Ponzi, jadi sudah digunakan dalam sistem. Jadi Anda bisa memiliki sisa uang, “ucap Lotfi. DPR RI ke-6, Selasa 7 Juni 2022, dalam rapat bisnis KPPU dan Menteri Perdagangan, mengatakan “jumlah tersebut tidak sesuai dengan jumlah yang terkumpul”.

Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencari tahu bagaimana mengembalikannya kepada mereka yang menderita kerusakan. Jadi kami harus mengembalikan uang kepada para korban.”

Mengenai proliferasi bot perdagangan baru-baru ini, Rootpi mengungkapkan bahwa bot perdagangan ini telah dilisensikan sebagai sekolah komputer. Namun pada kenyataannya, bot perdagangan sudah mengumpulkan banyak uang dari publik.

“Kalau ditanya siapa yang salah sekarang, ya, kami pilot yang sama, tapi kami menggunakan kartu SIM C untuk SIM kami,” kata Roppi.

Sementara itu, Lutfi mengatakan saat ini sedang berusaha mencari kepala Bappebti baru yang mampu bersaing dengan waktu dengan kemajuan teknologi saat ini. Hal ini untuk memastikan bahwa Dirut Bappebti memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi digital untuk mencegah penipuan penyedia investasi seperti bot perdagangan.

Sebelumnya, Komisioner 6 DPR Tommy Kurniawan menyoroti kerangka pemantauan CFTRA untuk bot atau perdagangan menggunakan bot. Menurutnya, sistem pengawasan Bappebti masih kalah cepat dengan perkembangan bot perdagangan saat ini.

“Tujuan Bappebti adalah untuk mengawal komunitas pasar keuangan ke depan agar tidak salah,” ujarnya dalam pertemuan bisnis di Jakarta. Namun dengan kejadian saat ini, yang sedang terjadi atau yang berulang, kita mempertanyakan apa itu sistem pengawasan. Ini yang Bappebti sepertinya,” katanya dalam rapat bisnis yang diadakan di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022.

Tommy menjelaskan, jika situs yang Anda gunakan diblokir oleh pemerintah, sangat mudah bagi penyedia layanan bot trading untuk meniru. Kloning dilakukan untuk memunculkan kembali robot trading jenis baru yang berpotensi menimbulkan kerugian lebih besar lagi.

“Dengan asumsi penggunaan bot perdagangan itu manual, saya harus melihat layar ke atas dan ke bawah pasar dan menunggu. Sekarang semuanya cepat dan mudah. ​​Apakah Bappebti memiliki pengawasan tingkat lanjut? Mengapa tidak? “Tidak terlalu bagus” .

Dia juga mencatat bahwa Bappebti memiliki sistem yang kuat untuk melacak bot perdagangan berbahaya. Jadi Anda bisa memprediksi sebelumnya sebelum Anda mengalami kerugian.

“Kalau bisa mengkloning sebuah website, memblokirnya, mendapatkannya kembali, memblokirnya dan mendapatkannya kembali, itu berarti Anda memiliki sistem yang canggih. Tanpa sistem pelacakan yang canggih di Bappebti, Anda akan ketinggalan, “katanya .

Sebelumnya, Satgas Waspada Investasi (SWI) mengatakan telah memarkir hingga 19 bisnis otomasi tidak sah antara awal 2022 dan Maret 2022.

Tindakan juga diambil terhadap 634 platform perdagangan berjangka komoditas yang tidak sah, termasuk aktivitas opsi biner.

Hingga Maret 2022, Satgas Waspada Investasi menemukan kembali 20 perusahaan yang mengajukan proposal investasi tanpa izin. Dua puluh perusahaan termasuk 9 terlibat dalam permainan keuangan, 3 terlibat dalam aktivitas bot perdagangan tidak sah, dan 5 lainnya.

Satgas Waspada Investasi juga mengimbau agar berhati-hati dalam memilih proposal investasi dan menggunakan pinjaman online, mengingat ada 20 investasi ilegal dan 105 pinjaman online tanpa izin.

Penanaman modal ilegal ditangani bersama oleh seluruh anggota Satgas Waspada Investasi dari 12 kementerian dan lembaga.

Karyawan Waspada Investasi tidak bertanggung jawab atas penegakan hukum dan tidak dapat mengambil tindakan hukum. Selain menangguhkan dan mengumumkan kepada publik, staf waspada investasi juga akan memblokir situs web/situs web/aplikasi dan mengirimkan laporan informasi kepada tim investigasi polisi.

Pada saat yang sama, Satgas Waspada Investasi terus melakukan patroli elektronik untuk melindungi masyarakat dari penyebaran data pribadi oleh korban terorisme dan pelaku pinjaman ilegal.

Gugus tugas menemukan 105 pinjaman online ilegal hingga Maret. Alhasil, tim kerja Kemenkominfo langsung memblokir situs dan aplikasi tersebut.

Dari 2018 hingga Maret 2022, tim menutup hingga 3.889 pinjaman ilegal. Gugus Tugas Waspada Investasi terus memblokir akses publik ke situs web dan aplikasi untuk mendorong penegakan hukum terhadap pemberi pinjaman online ilegal.

Tindakan Satgas Waspada Investasi juga akan mengarah pada penangkapan polisi dan tindakan hukum, yang diharapkan dapat mengurangi pergerakan investasi dan pinjaman online ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *