Oktober 4, 2022
Spread the love

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menemukan subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia.

Di Indonesia, 4 kasus varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 dilaporkan pada 6 Juni 2022.

Sebanyak 4 kasus merupakan pasien Indonesia dengan infeksi BA.4 dan kasus klinis tanpa gejala yang mendapatkan 2 dosis vaksinasi.  link slot

Tiga kasus positif BA.5 sisanya merupakan wisatawan asing yang menghadiri Konferensi Platform Global Pengurangan Risiko Bencana yang akan diadakan pada 23-28 Mei 2022 di Bali.

Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Pasien dengan BA.4 dan BA.5 memiliki beberapa gejala:

demam atau kedinginan

batuk

sesak napas

kelelahan

Nyeri otot

sakit kepala

kehilangan rasa atau bau

sakit tenggorokan

hidung tersumbat atau pilek

mual atau muntah

diare

Aku masuk angin

Tidak sepenuhnya jelas dari mana sub-variabel Omicron BA.4 dan BA.5 berasal.

Namun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perbedaan ini terdeteksi pada tingkat rendah di Afrika Selatan dan beberapa negara di Eropa.

Maria van Kerkhove, kepala teknis Covid-19 WHO, mengatakan pada Mei bahwa varian itu ditemukan di beberapa negara, termasuk Botswana, Afrika Selatan, Jerman, dan Denmark.

Rumah Sakit Pemerintah Pemerhati dan Dosis Obat

Abraham Wirutomu, Kepala Ahli di Kantor Presiden, mengatakan pemerintah terus memantau kapasitas rumah sakit, obat-obatan dan oksigen untuk menangani masuknya Omircron BA.4 dan BA.5.

Pada hari Senin, 13 Juni 2022, Abraham berkata, “Kita tidak boleh menunda-nunda atau ragu-ragu sebelum akhir itu tiba.”

Omircron BA.4 dan BA.5 berkontribusi pada peningkatan kasus.

Hingga 9 Juni 2020, diketahui ada 556 kasus yang bertambah.

Abraham mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia sejauh ini terpantau dengan baik karena tingkat positif dan tingkat penularan yang dilaporkan rendah.

Namun Abraham mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menerapkan imunisasi booster bagi yang tidak.

“Kami melihat peningkatan jumlah kasus sebagai peringatan. Agar Indonesia tetap berada di jalur yang benar melawan penyakit endemik, kita tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan dan menolak vaksin tambahan,” kata Abraham.

Balas Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Ono (Minbarigraph) mengimbau masyarakat mewaspadai varian Omicron BA.4 dan BA.5 yang juga masuk ke Bali.

“Saat ini masih dalam evaluasi dan tentunya menunggu konfirmasi dari pakar dari Kementerian Kesehatan dan tim kerja Covid-19,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin (13/6/2022).

Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan mengikuti anjuran pemerintah, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Ia mengatakan momentum ini penting untuk dijaga karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus tumbuh, khususnya di Bali.

Saat ini pergerakan wisatawan domestik ke Bali sudah mencapai 70% dan sekitar 30% adalah wisatawan asing.

 Sebagian dari pemulihan ekonomi kita diharapkan bisa menciptakan 1,1 juta pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.