September 29, 2022
Spread the love

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat dan Sabtu 27 Mei 2022 (28 Mei 2022). Salah satu jadwal kunjungan adalah untuk melihat progres proyek KA Makassar-Paribar (KA), salah satu Tugas Strategis Nasional (PSN).

Menhub mengatakan, dari tiga target utama penyelesaian proyek KA Makassar-Paribar, yang pertama diselesaikan adalah KA Maros Baru sepanjang kurang lebih 71 km. slot online

Dengan tujuan merelokasi Stasiun Maros ke Stasiun Paro (PP), pihaknya berencana mengoperasikan rute yang dilalui 8 stasiun kereta percontohan pada Oktober 2022.

Di Pelabuhan Garongkong Sulawesi Selatan, kata Menteri Perhubungan, Sabtu (28/5/2022).

Selain menjadi sarana utama angkutan penumpang, kereta api juga akan berfungsi sebagai kereta wisata untuk berbagai potensi wisata di Sulawesi Selatan seperti Kabupaten Barru dan Desa Wisata Rammang-Rammang.

Menhub juga menyampaikan tujuan kedua adalah menyelesaikan jalur kereta api untuk angkutan kereta logistik yang menghubungkan Pelabuhan Garongkong dengan pabrik Simin Tunasa (Maros-Pangkip-Baru).

Selanjutnya adalah jalur perpanjangan dari Stasiun Maros ke Stasiun Manda yang dijadwalkan selesai pada Maret 2023.

Bekerja sama dengan KA penumpang dan barang, kami berharap jalur ini menjadi jalur yang bermanfaat untuk mengembangkan hub ekonomi baru di wilayah Sulawesi Selatan.

Juga, tujuan ketiga adalah melanjutkan pembangunan rel kereta api dari Stasiun Barrow ke Stasiun Palanro. Oleh karena itu, nantinya jalur KA ini akan bertambah panjangnya sekitar 110 km, membentang dari stasiun Mandai (Makkasar) hingga stasiun Palanro.

Dan Menteri Perhubungan Bodhi Kariya menyimpulkan bahwa “tujuannya agar rute ini bisa beroperasi pada kuartal kedua tahun 2024”.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) mendapatkan kontrak baru untuk pembangunan jalur kereta api Medan-Binjai. Kontrak tersebut diketahui dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Operasi (KSO) senilai Rs 172 crore.

Pembangunan KA Bengai Maidan disebut-sebut karena meningkatnya permintaan angkutan umum di Sumatera bagian utara. Ini adalah tindak lanjut dari banyak proyek sistem kereta api berkecepatan tinggi.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan proyek pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Medan dengan kota Bengai bertujuan untuk memangkas waktu tempuh. Kemudian, memudahkan perpindahan kereta api dari Medan ke Benji dan mengurangi kemacetan di beberapa stasiun.

“Kereta api menjadi sarana utama angkutan orang dan barang. Mengutip keterangan resmi, Selasa (24/5/2022), Novias mengatakan pembangunan rel diperlukan karena percepatan penyelesaian pembangunan jalan. Via Sumatera

Novias mengatakan pembangunan jalur KA Maidan – Bengai (JLKAMB 2) dilakukan dari KM 1+745 hingga KM 2+300 (P9 – P23).

Lingkup pekerjaan yang dilakukan Hutama Karya dan KSO pada proyek ini meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan technical support, pekerjaan paving dan pemasangan track.

Proyek ini akan mulai dibangun pada 9 Mei dan akan memakan waktu 900 hari untuk menyelesaikannya.

Kontrak proyek dilaporkan ditandatangani pada Kamis (28/4) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bertempat di Hotel Grand Mercure Harmony Jakarta Pusat, penandatanganan dilakukan oleh Kariya Futama, Senior Vice President (EVP) General Civil Business Unit Ari Asmoko, dan Agen KSO dengan Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) Kementerian Perhubungan. pernah , Mulis Hanjani Kava.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.