Februari 3, 2023
Spread the love

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto berbicara pada Pertemuan Tahunan WEF 2022 yang diselenggarakan di Davos, Swiss pada Rabu 25 Mei 2022. Dalam acara tersebut, Menko Erlanga menjadi pembicara bersama dengan Dirut. Perusahaan global terbaik.

Menko Airlangga Tarto memaparkan tiga strategi utama Indonesia untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja di masa pandemi Covid-19, khususnya melalui reformasi struktural melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kartu pra kerja, dan undang-undang penciptaan lapangan kerja. link bola online

Dalam program PEN, pemerintah memiliki berbagai program untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM). Hal ini dilakukan karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah UKM yang besar dengan sekitar 65 juta UKM.

Dalam program PEN, pemerintah memberikan dukungan kepada sektor ekonomi berupa insentif pajak, subsidi bunga kredit usaha (KUR), bantuan tunai dan program keluarga harapan. Berbagai dukungan telah diberikan dalam program PEN, salah satunya untuk meningkatkan kesempatan kerja di masyarakat.

Indonesia juga telah meluncurkan Kartu Ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung peningkatan produktivitas tenaga kerja. Sistem kartu tenaga kerja merupakan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui pelatihan keterampilan, re-skilling, dan up-skilling untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Menko Erlanga mengatakan, Kamis (26/5/2022) “Pengembangan kapasitas manusia merupakan modal utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi global yang memerlukan kerjasama, koordinasi dan kerjasama dari semua pihak terkait.

Selain itu, Menko Airlangga menyampaikan komitmen Indonesia untuk menciptakan lingkungan investasi yang lebih baik. Komitmen Komitmen ini telah dibuktikan dengan tindakan nyata Indonesia melalui reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja.

Omnibus Law ini telah diakui oleh Bank Dunia sebagai program reformasi ekonomi ekonomi paling positif yang pernah dilakukan Indonesia selama lebih dari empat dekade dan diharapkan dapat meningkatkan Investasi serta menciptaker lebih banyak banyakjalap

sebagai penutup, Menko Airlangga mengingatkan akan pentingnya pengembangan kapasitas manusia, sehingga harus ditetapkan satu kebijakan Prioritas yang harus diambil setiap negara untuk mengupayakan alam yangdikan aya setup

Untuk diketahui, dibuatnya sesi Jobs Consortium pada WEF annual meeting 2022 oleh pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan 1,6 miliar pekerja di 210 negara mengalami penurunan pendapatan sebesar 60 persen.

Reporter: Sulaiman

Sumber: Merdeka.com

Sebelumnya, Koordinator Minco Marvis Luhut Binsar Pandjetan mengatakan tingkat pengangguran turun dari 6,26% pada periode Februari 2021 menjadi 5,83% pada periode Februari 2022.

Hal itu terungkap hari ini (5 September 2022) dalam keterangan pers bersama para menteri kabinet lanjutan Indonesia di Ruang Oval.

Menurutnya, langkah-langkah efektif yang diambil oleh pemerintah untuk memerangi pandemi juga berdampak lebih kecil pada tingkat pengangguran. Tentunya hal ini berdampak positif bagi pemulihan ekonomi Indonesia.

Kondisi pandemi yang disebabkan oleh varian Omicron di Indonesia terlihat terus membaik, hal ini terjadi berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif sehingga tetap menjaga kinerja Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *