November 28, 2022
Spread the love

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan diskusi dengan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda. Pertemuan ini dalam rangkaian kegiatan Forum Ekonomi Dunia 2022,

Sejumlah hal yang didiskusikan antara lain adalah upaya Pemerintah Indonesia yang inklusif dan mendukung kemajuan UMKM. judi

“Ratu Maxima mendapat perhatian agar pemerintah Indonesia dapat menjaga dampak inflasi dan pengaruhnya terhadap UMKM, khususnya untuk industri pangan,” ujar Menperin di Jakarta, Senin (6 Juni 2022).

Pemerintah Indonesia menyampaikan upaya pengembangan UMKM yang dijalankan melalui inlusi dan digitalisasi, yang merupakan faktor penting untuk mendorong produktivitas UMKM.

Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang merupakan bagian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kementerian Perindustrian turut berupaya agar para pelaku IKM dapat meningkatkan penjualannya melalui digital atau pemasaran

Sejumlah Strategi yang dilakukan antara lain melalui link & match atau kemitraan dengan industri skala besar dan BUMN, membangun ekosistem digital dengan masuk ke dalam platform market, dan melalui pengadaan barang pemerintah dan BUMN.

Inklusi keuangan dapat dipercepat dengan dukungan digitalisasi, salah satunya dengan pemanfaatan biometrik ID, sebagaimana yang diusulkan Ratu Maxima.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menambahkan, pemerintah Indonesia percaya ada layanan dan pembelajaran dari perjalanan Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan, serta mempercepat konektivitas dan sistem operajalan daya pembelajaran

Ratu Maxima juga menyampaikan dukungannya bagi Indonesia Dalam Presidensi G20 tahun 2022.

Menteri Koperasi dan UKMTeten Masdukimenyebut UMKM menjadi kunci pemulihan ekonomi meski dikabarkan mengalami gulung tikar sebagai pandemi. Ia menyebut sebagiannya berhasil.

Ia pun menyangkalUMKMyang hanya dianggap sebagai bumper atau pengaman pemulihan ekonomi semata. Menteri Teten memandang UMKM punya peran sebagai dinamisator pemulihan ekonomi.

Dalam kegiatan Komunikasi Sosial (KOMSOS) TNI Tingkat Pusat TA 2022 di Markas Besar TNI Angkatan Darat,  Kalaw Usaha Besar Menahan Investasi dan Ekonomi Situasi Menengu Memweik, UMKM justru tetap bertahan di tengah krisis dan tampil menjadi pahlawan ekonomi.

Dalam hal krisis pandemi COVID-19, ia menyebut UMKM berhasil melakukan transformasi yang luar biasa, utamamanya terkait dengan keikutsertaan mereka dalam ekosistem digital.

Selain itu, pandemi juga berdampak pada peningkatan beragam produk yang diciptakan oleh UMKM, seperti di sektor kuliner yang marak bermunculan makanan beku. Selain itu, mulai bermunculan juga produk-produk perawatan kesehatan, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *