Oktober 7, 2022
Spread the love

Asosiasi Transportasi Indonesia (MTI) menemukan sepeda motor yang juga dikenal sebagai sepeda motor matic atau skuter memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi, terutama jika digunakan di jalan dengan tanjakan yang curam.

Menanggapi hal tersebut, Ahmed Mohib El Din, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, mengatakan potensi kecelakaan bisa terjadi pada semua jenis kendaraan.

kata Muheeb saat dihubungi, Jumat (17/6 2022). slot gampang menang

Menurutnya, pengemudi harus mengecek kondisi kendaraannya, mulai dari rem dan ban, serta jangan lupa bahwa bahan bakarnya cukup. Pengemudi juga harus menyadari sifat medan, bahkan saat berkendara di jalan yang curam.

“Jika Anda merasa kinerja pengereman Anda berkurang, Anda harus berhenti dan memeriksa dan menunggu,” tambah Moheeb.

AHM sendiri berperan aktif dalam memberikan edukasi berkendara yang aman kepada konsumen dan masyarakat untuk menciptakan budaya berlalu lintas yang baik.

Juga menyelenggarakan berbagai sesi pelatihan keselamatan berkendara dengan pemangku kepentingan seperti polisi, komunitas sepeda motor, karyawan perusahaan, siswa dan anak sekolah.

95% kecelakaan terkait dengan sepeda motor.

Djoko Citiguarno, sebelumnya Ketua Pusat Advokasi dan Kemasyarakatan Asosiasi Transportasi Indonesia (MTI) mengatakan, ada potensi kecelakaan bagi pengguna sepeda motor transmisi otomatis atau skuter (matic) yang melintasi lereng curam.

Djoku menjelaskan, tebing terjal banyak ditemukan di sebagian pulau Jawa. Komisi Nasional Keselamatan Lalu Lintas (KNKT) melakukan survei untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan mencegah kecelakaan di ruas jalan Jawa Tengah, Kabupaten Prebes, Bumiyo, Bandungsari-Salem (Gunung Liu).

Menurut penyelidikan KNKT, 13 orang tewas dalam kecelakaan sepeda motor di jalan Gunung Liu di Bandung Sari selama setahun.

Djoko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/6/2022) mengatakan, 95% di antaranya menggunakan sepeda motor matic.

Menurut Joko, survei tersebut menemukan bahwa kecelakaan sepeda motor sering terjadi, kebanyakan terjadi pada sepeda motor dengan transmisi otomatis, dan pengereman mesin yang tidak ideal.

Apalagi saat mobil melambat saat melewati tanjakan yang panjang. Tabrakan di tanjakan curam di jalan Bandungsari-Salem (Gunung Liu) Pomyao terjadi di beberapa tempat lain.

Dijelaskannya, kecelakaan sepeda motor dengan transmisi matic sering terjadi di beberapa lokasi di Jawa Timur: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Probolingo. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Banyuwangi; Malang Potaxan Climb dan Taman Wisata B-29, Lumajang.

Namun, kata Djoko, pemasangan rambu tersebut mendapat reaksi keras dari warga yang mencoba mengendarai sepeda motornya naik turun gunung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.