Oktober 7, 2022
Spread the love

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mouladi dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (15/6/2022) sebagai Menteri Kabinet Indonesia Maju Zulkifli Hasan (Zolhas). bahwa itu akan dilakukan. ) setelah tengah hari hari ini.

FIFA mengatakan Zolas akan ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan. Dhul-Hass akan menggantikan Muhammad Lutfi di posisi Departemen Perdagangan.

Viva Yoga membenarkan Rabu (15/6/2022) dengan mengatakan “Ya, insya Allah hari ini Zulkifli Hassan diangkat menjadi Menteri Perdagangan.”  gacor slot

Pramono Anung mengatakan presiden bisa berkumpul kapan saja dan tidak perlu menunggu Rabu seperti yang dilakukan Jokowi sebelumnya.

Jadi kabinet adalah kekuasaan penuh presiden. Presiden punya kekuasaan. Framono mengatakan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022) bahwa dia ingin mengganti presiden kapan saja. Terserah presiden hari ini. Atau besok, lusa. Namun, kekuasaan sepenuhnya ada di tangan Presiden).

Nama Zulkifli Hassan masuk dalam daftar calon walikota dalam reshuffle kabinet sejak kemarin Selasa (14/6/2022). Sejak bulan lalu, isu reorganisasi kabinet sendiri sudah beredar, dan meledak pesat sejak awal Juni tahun lalu.

“Sepertinya ada ruangan di dalamnya,” kata Dardad, ketua rapat ahli PAN.

Ketika dikonfirmasi apakah Kotum PAN akan menggantikan Mohamed Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mandagh), Dragod tidak berkomentar secara eksplisit. Kata “rasa” masih digunakan.

“Itu emosi (posisi Menteri Perdagangan). Itu situs yang sangat panas. Kuncinya stabilitas harga. Dari mana-mana sampai Merauk, ibu-ibu bisa sangat menyukai kami atau membenci kami tergantung pada harga produk,” katanya. . Dia menambahkan.

Kemarin (15/6) Selasa sore, banyak pejabat pemerintah mengunjungi istana. Di antaranya Sufian Jalil, Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Wakil Menteri Pertanian dan Penataan Ruang/Wamen ATR/Waka BPN (Wamen ATR/Waka BPN), Tyndra Suriah.

Sayangnya, saat ditegaskan tujuan tiba di keraton pada sore hari, Surya tidak menjawab.

Sementara itu, Sufian mengatakan dia tidak melihat perlunya menyebut dirinya ke dalam istana. “Saya tidak tahu. Mohon tunggu sebentar. Tanya presiden. Nanti ada rapat,” kata Sufian Selasa (14/6/2022) di Istana Negara.

Selain ketiga pejabat tersebut, mantan Panglima TNI tersebut merupakan pensiunan marsekal negara. Hadi Tjantou juga terlihat mengunjungi istana. “Sekarang saya lebih cepat,” kata Hardy.

Hardy mengaku tidak mengetahui ada orang lain yang dipanggil ke istana. Hady berkata, “Wow, saya tidak tahu siapa ini. Saya baru saja mendapat telepon dan saya tidak tahu apa itu.”

Bima diberitahu bahwa Partai Aksi Nasional akan menerima satu bagian menteri. Pema Arya dari kantor DPP PAN mengatakan pada Selasa (14/6/2022) di Buncit Raya, Jakarta, ”Saya mendengar informasi yang sangat kuat bahwa reorganisasi sangat mungkin terjadi.”

Karena itu, Partai Aksi Nasional menaruh kepercayaan penuh kepada Zulkifli Hassan terkait nama calon menteri tersebut. Belakangan, Zulkifli Hassan diangkat oleh kepala negara dan masuk kabinet.

 Apakah presiden mengusulkan seorang eksekutif atau presiden sendiri, kami secara alami menyerahkan semua masalah kepada presiden dan kontak presiden-ke-presiden,” tambahnya.

Diumumkan di istana sore ini

Presiden Joko Widodo diperkirakan akan mengumumkan perombakan kabinet atau personel sore ini di Istana Utama pada Rabu sore, 15 Juni 2022.

Pelantikan para Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Tinggi Indonesia periode 2022-2024 akan digelar di Istana Negara pada pukul 13:30 WIB.

Dan, menurut surat kabar Al-Yawm, Rabu (15/6/2022), acara pembukaan akan dimulai dengan kedatangan pimpinan partai untuk menemui presiden republik.

Selain itu, Presiden akan memperkenalkan menteri dan menteri baru yang telah berganti jabatan, serta wakil menteri baru.

Pada Selasa, Presiden Jokowi memanggil beberapa menteri, antara lain Menteri Pertanian Siaher Yassin Limbu, Menteri ATR/BPN Sufyan Jalil, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Wakil Menteri ATR/Waka BPN Surya Tjandra.

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi mengundang Zulkipli Hassan, Ketua Umum Partai Rakyat, dan mantan Panglima TNI Hadi Chijanto, ke istana.

Pensiunan Panglima TNI Hadi Jajanto dipastikan berada di istana untuk tujuan kedatangan.

Namun Hardy mengaku tidak tahu apa yang disebutnya sebagai kepala negara. 

Dan tidak hanya Hardy, tetapi juga wartawan telah mengkonfirmasi bahwa Menteri Perdagangan, Mohamed Rutfi, ada di istana. Ditanya apakah undangan Presiden Jokowi ada kaitannya dengan reshuffle kabinet.

Kebocoran nama edaran

Sementara itu, istana mengumumkan nama-nama calon menteri yang akan menduduki jabatan baru dalam perombakan kabinet di lingkungan istana pada Selasa.

Beberapa di antaranya adalah nama lama dan bahkan memiliki kepribadian seorang politisi Senyan. Detail:

Menko Perekonomian : Erlanga Hartarto diganti Luhut Bangaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman: Lehut Pangaitan akan digantikan Eric Thohir.

Menteri Negara BUMN: Eric Thahir digantikan oleh Bodhi Gunadi Sadiqin.

Menteri Kesehatan: Gunadi Sadikin Gantikan Abdul Qadir

Menteri Kehutanan: Siti Nurbaya akan digantikan oleh Zulkifli Hassan.

Menteri ATR: Sofian Jalil digantikan oleh Bahleel Lahdalia

Menteri Pertanian: Ciarol Yassin Limbu digantikan oleh Moldoko

KSP: Moeldoko digantikan oleh Hadi Tjahjanto

Pengumuman dan buka pada hari Rabu

Perombakan kabinet hari ini juga bertepatan dengan Rabu Paheng dalam penanggalan Jawa. Jokowi telah beberapa kali berkumpul kembali dan menjadi tuan rumah momen penting lainnya seperti Wednesday Faching dan Wednesday Phones.

Selama dua tahun menjabat Wakil Presiden Maruf Amin, tampak Jokowi telah dua kali mengangkat menterinya, pada akhir 2020 dan pertengahan 2021.

Sementara itu, dalam pemerintahan pertamanya bersama Yusuf Kala di dewan kerja, Jokowi mengalami empat kali pergantian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.