November 28, 2022
Spread the love

Jakarta – Pandemi COVID-19 di Indonesia mempercepat transformasi digital masyarakat.

Pandemi membuat masyarakat semakin banyak menggunakan layanan digital untuk kebutuhannya, mulai dari memesan rumah hingga mendapatkan transportasi.

Menurut survei Tempo Data Science (TDS), penggunaan layanan digital semakin meningkat untuk memenuhi mobilitas masyarakat. situs slot gacor hari ini terbaru

Penggunaan aplikasi Grab dan Gojek mendominasi pasar milenial, menurut laporan yang diterima TDS, Rabu (15/6/2022).

Menurut survei terhadap 844 responden di Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, dan Denpasar, penggunaan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kaum milenial terkait dengan Grab dan Penggunaan aplikasi Gojek.

Penggunaan aplikasi juga mencakup transportasi online (menunggang kuda), pengiriman makanan (food delivery), pembayaran digital (digital payment), dan belanja bahan makanan.

Akibatnya, persaingan ketat antara Grab dan Gojek serta memimpin dan mengaduk-aduk merek lain di semua kategori.

Grab mengalahkan pangsa pasar dalam tiga kategori: transportasi online, pembayaran digital, dan belanja kebutuhan, serta mengimbangi Gojek di kategori pesan-antar makanan. Namun, perbedaan antara keduanya di setiap kategori cukup tipis.

Koordinator Survei TDS Ai Mulyani mengatakan kesenjangan yang sempit berarti persaingan yang dinamis antara keduanya, karena keduanya menargetkan pasar yang sama persis.

Ai Mulyani mengatakan, Rabu (15/6/2022) “Super apps sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kaum milenial dan Gen Z. Jadi mereka sangat sensitif terhadap pilihan.'”

Ai Mulyani mengatakan Grab menguasai 52% pangsa pasar di segmen transportasi online, mengungguli Gojek sebesar 4%, mencapai 48%.

Selanjutnya, perusahaan pengiriman makanan GrabFood dan GoFood bersaing ketat, mencatat harga yang sama masing-masing sebesar 45%, sedangkan 10% sisanya ditempati oleh ShopeeFood yang relatif pendatang baru.

Menurut Ai, faktor diskon dan promosi menjadi faktor penentu pilihan pelanggan.

Perebutan pangsa pasar layanan pembayaran digital semakin sengit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *