September 29, 2022
Spread the love

San Mostuba, Wakil Ketua Komite II DPR, menilai pengangkatan pejabat incumbent sebagai atau pelaksana tugas direktur daerah dapat menimbulkan kekhawatiran kembalinya TNI ke dwifungsi, antara lain: rezim baru. Pernyataan San itu menanggapi penunjukan Brigjen Chandra Asaduddin sebagai Pj Bupati Seram Barat.

Baca juga slot gacor hari ini

San mengatakan, sesuai aturan, prajurit TNI dan bolair aktif tidak bisa menjabat sebagai kepala daerah. Pensiunan diperbolehkan.

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, saya pikir pemerintah harus membuat turunan sesuai dengan keputusan MK.

Agar proses pengangkatan menjadi transparan, prinsip-prinsip demokrasi dapat dikedepankan.

Politisi Nasdim mengingatkan bahwa PNS harus dipilih selama ada pejabat yang kompeten.

Menteri Dalam Negeri Direktur Otonomi Daerah (Kimindagri) Andy Patara Lipu, Direktur Daerah Khusus Pemerintahan Sendiri, berbicara tentang peluang TNI untuk menjabat sebagai Pj Presiden daerah.

Karena pemilihan serentak pada 2024, Pj Dirut dikatakan mengisi kekosongan gubernur dan walikota yang masa jabatannya berakhir pada 2022 dan 2023.

Menurutnya, semuanya harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Direktur, dan Walikota.

Jadi kriteria yang digunakan UU 10 2016 adalah standar Jabatan Pimpinan Senior (JPT).” kata Andy . Demikian disampaikan dalam webinar, Senin (14/3/2022) SD atau Keuangan.

Dia tidak menjelaskan apakah TNI-Polri bisa bertindak sebagai wakil daerah.

Andy mengatakan, “Standar yang digunakan oleh undang-undang adalah JPT Madya dan Pratama, dan selama pejabat itu memenuhi standar, ada ruang untuk itu.”

Pj Direktur Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Harya Wipisana mengatakan, ada beberapa pihak yang ikut menentukan apakah akan menjadi gubernur atau kepala daerah.

Kemudian dikaji dan diputuskan dalam sidang yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri oleh berbagai kementerian/lembaga.” ” Pada Kamis, 12 Mei 2022, di Liputan6.com, diskusi berlangsung sangat ketat dan demokratis di Sekretariat Negara, Kanwil, KemenpanRB, Kementerian Dalam Negeri, Polri, BIN dan BKN.”

Daerah PJ akan mengisi jabatan Gubernur, Direktur, dan Walikota yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2022.

Jokowi mengatakan, ada total 101 Pj kepala penyadapan yang perlu disiapkan pemerintah. Belcada yang disinkronkan hanya akan dibuka pada November 2024, membutuhkan penunjukan Penjabat Presiden Regional.

Hal itu disampaikan Perdana Menteri Jokowi dalam Rapat Persiapan Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak 2024 yang disiarkan melalui situs YouTube Kantor Presiden, Minggu, 4 Oktober 2022.

Dia ingin PJ presiden terpilih daerah itu menjadi seseorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat. Maka Anda adalah seseorang yang dapat melakukan pekerjaan berat dalam kondisi ekonomi global yang sulit.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut proses pengisian 272 pejabat atau Pjs pengganti kepala daerah pada Pilkada serentak 2024 rentan disalahgunakan. Padahal, proses pengisian Pj rapuh.

Juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan dalam keterangan tertulis pada Selasa (5 Oktober 2022):

Dalam prosesnya, Ali mengatakan, kelemahan praktik korupsi serupa dengan praktik jual beli jabatan dalam banyak persoalan yang ditangani KPK.

Ali mengungkapkan, menurut data KPK dari tahun 2004 hingga 2021, pelaku korupsi paling banyak berasal dari proses politik. Mereka terdiri dari 310 anggota Republik Demokratik Rakyat Korea dan Republik Rakyat Demokratik Korea, 22 gubernur, dan 148 walikota dan direktur.

Menurut dia, biaya politik yang tinggi menjadi salah satu faktor yang mendorong kepala daerah melakukan korupsi. Kepala daerah sedang memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk membayar uang yang dihabiskan selama kampanye.

“Penghasilan tambahan ini seringkali dilakukan dengan cara yang melanggar aturan dan korupsi,” kata Ali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.