Oktober 7, 2022
Spread the love

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengajukan proposal perdamaian pada Kamis 9 Juni 2022 sebagai bagian dari proses PKPU (Penundaan Kewajiban Pelunasan Hutang). Proposal Perdamaian mencakup beberapa proposal untuk mengatasi kewajiban bisnis yang saat ini sedang dilaporkan kepada kreditur untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sejumlah proposal untuk penyelesaian kewajiban bisnis berdasarkan rencana penyelesaian termasuk penyelesaian kewajiban bisnis melalui arus kas operasi, konversi kewajiban menjadi ekuitas, penyesuaian jangka panjang pembayaran jangka panjang dengan jangka waktu tertentu, dan penyajian cara baru restrukturisasi. dalam bentuk surat utang dan efek ekuitas. slot habanero

Rencana restrukturisasi yang diusulkan akan direkonsiliasi ke dalam kelompok-kelompok kreditur yang diklasifikasikan menurut nilai kewajiban usaha dan jenis usaha untuk masing-masing kreditur.

Sehubungan dengan instrumen restrukturisasi, baik dalam bentuk surat utang baru maupun ekuitas, Garuda Indonesia memberikan penyelesaian kewajiban komersial, antara lain, kepada lessor, financial lessor, pemasok maintenance, repair and overhaul (MRO), produsen pesawat terbang dan kreditur lainnya dengan invoice. . Melalui penerbitan surat berharga utang baru senilai total $800 juta dalam surat berharga utang baru senilai lebih dari Rs 255 juta dan modal ekuitas sebesar $330 juta.

Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk mengatakan, penawaran efek bersifat utang dan ekuitas sebesar itu akan terus dilakukan seiring dengan perkembangan negosiasi dan komunikasi dengan kreditur yang termasuk dalam kriteria penerimaan efek bersifat utang dan ekuitas.

Direktur Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, proposal perdamaian yang diajukan pada Kamis 9 Juni 2022 merupakan rencana restrukturisasi yang akan terus dibahas dan diselesaikan dengan seluruh kreditur.

“Oleh karena itu, kami akan selalu memperhatikan aspek kepatuhan terhadap prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan terus melakukan komunikasi yang konstruktif untuk mencapai kesepakatan terbaik dengan seluruh pemangku kepentingan melalui diskusi berkelanjutan dengan otoritas regulator seperti BPKP dan Jamdatoon.” ” .

Dia menambahkan: “Kami telah menyusun proposal perdamaian ini untuk menciptakan solusi terbaik dan paling optimal untuk menyelesaikan kewajiban bisnis kami, dengan mempertimbangkan rencana bisnis kami, kondisi pasar dan beragam pendapat kreditur kami yang terus diterima Garuda hingga saat ini.” .

Irfan mengatakan pihaknya berharap kreditur dapat mendukung perusahaan dalam pemungutan suara mendatang.

Ia menambahkan, harapan ini akan semakin diperkuat melalui komunikasi yang kuat dengan seluruh kreditur. Hal ini bertujuan agar Garuda menjadi perusahaan yang lebih tangguh dalam memaksimalkan kinerja bisnis, serta menyediakan ekosistem bisnis yang lebih berkelanjutan di masa depan, tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara memastikan meski PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) melakukan penerbitan HMETD untuk kedua kalinya, pemerintah tetap memiliki 51% saham.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dalam rapat kerja dengan Panitia 6 DPR pada Selasa (7/6/2022) bahwa PT Garuda Indonesia Tbk akan melanjutkan gugatan hak. Ketika penangguhan kewajiban pelunasan utang (PKPU) mencapai tahap perdamaian, diterbitkan hak korporasi.

“Jika operasi PKPU dapat membawa kedamaian dan kerukunan, kami akan melanjutkan dengan dua rights issue,” kata Teko.hal, ”katanya. .

Penambahan modal kedua Garuda Indonesia dijadwalkan pada kuartal keempat tahun 2022. Ini akan mencakup tambahan pembiayaan dari investor strategis.

“Kemudian kita akan melakukan penerbitan HMETD tahap kedua pada awal kuartal keempat untuk mendapatkan tambahan pendanaan dari investor strategis,” ujarnya. dikatakan.

Selain Garuda Indonesia, sejumlah BUMN berencana melakukan penambahan modal. Salah satunya adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang terlibat dalam pengalihan saham pemerintah PT Semen Baturaja (Persero) kepada Semen Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.