November 28, 2022
Spread the love

Direktur Perkeretaapian Kementerian Perhubungan DKI Jakarta memacu pembangunan rel kereta api pertama di Sulawesi. Langkah ini sebagai upaya untuk mencapai tujuan operasional Oktober 2022.

Tingkat pembangunan rel Bagian III Kabupaten Maros mencapai 84%. Sedangkan wilayah Kabupaten Pangkep mencapai 94%. slot indo

Andy Amana Jabba, Direktur Pusat Pengelola Perkeretaapian Sulawesi Selatan, mengatakan pembangunan rel pertama masih sesuai jadwal dan optimistis bisa dibuka pada Oktober 2022.

Mengutip keterangan resmi, Jumat (3/6/2022), Gaba mengucapkan “Terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang terlibat dan mendukung pembangunan rel kereta api ini.”

Jabba juga mengatakan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalur Segmen 1 sepanjang 16,1 km dan jalur Segmen 2 sepanjang 26,1 km, serta saat ini sedang dalam proses penyelesaian seksi Bangkeep sepanjang 67,1 km. Kabupaten – Kabupaten Maros.

Pembangunan bypass proyek bertujuan untuk memberikan akses ke pelabuhan dari pusat produksi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini dikarenakan wilayah Maros Baru memiliki potensi ekonomi yang besar.

Pada Mei 2022, dilaporkan kereta api dapat mengangkut 6000 hingga 10.000 ton per bulan dari Tonasa dan sekitar 3,5 juta ton per tahun dari Bosowa ke Pelabuhan Garongkong.

Kereta api ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata wilayah Maros Baru serta kemungkinan pengangkutan semen.

“Daerah ini terkenal dengan wisata geologi, pantai dan makanannya yang lezat, yang bisa menarik wisatawan jika dihubungkan dengan kereta api,” kata Gabba. Saat jalur tersebut dibuka pada Oktober 2022, Gapa berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

angkutan penumpang

Tahap 1 KA Makassar-Parepare akan dibuka pada Oktober 2022, mengangkut kargo dari Stasiun Barru ke Stasiun Marros sejauh 71 km dan dari Stasiun Ramang-Raman ke Stasiun Garongkong sejauh 80 km.

Pada Maret 2023, kargo akan tetap diangkut pada seksi Tonasa-Garongkong sepanjang 57 km dan penumpang akan diangkut dari Stasiun Palanro ke seksi stasiun Mandai sepanjang 102 km.

“Saat ini kami fokus menyelesaikan Bagian 3 sektor Bangkeep-Maros, dan kami harapkan bisa selesai dan beroperasi tahun anggaran ini sehingga kegiatan pembebasan lahan untuk pembangunan rel kereta api ke Kota Makassar dapat terus berlanjut,” kata Gabba. .

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat 27 Mei 2022 dan Sabtu 28 Mei 2022.

Salah satu jadwal kunjungan adalah untuk melihat progres proyek KA Makassar-Paribar (KA), salah satu Tugas Strategis Nasional (PSN).

Menhub mengatakan, target pertama dari tiga target utama penyelesaian proyek KA Makassar-Paribar adalah KA Maros Baru sepanjang kurang lebih 71 km.

Dengan tujuan merelokasi Stasiun Maros ke Stasiun Paro (PP), pihaknya berencana mengoperasikan rute yang dilalui 8 stasiun kereta percontohan pada Oktober 2022.

Di Pelabuhan Garongkong Sulawesi Selatan, kata Menteri Perhubungan, Sabtu (28/5/2022).

Kereta api tidak hanya menjadi sarana utama angkutan penumpang, tetapi juga berfungsi sebagai kereta wisata ke beberapa tempat wisata potensial di Sulawesi Selatan seperti Kabupaten Barru dan Desa Wisata Rammang-Rammang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *