November 30, 2022
Spread the love

Menteri Kesehatan Bekasi Budi Gunadi Sadkin menjawab pertanyaan terkait pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan dicabut paling lambat Agustus 2022. PPKM masih berlaku sampai sekarang.

Dikonfirmasi” sesaat setelah acara Kick Off Change Source untuk penggunaan bahan farmasi dalam negeri dan pembukaan pabrik bahan baku farmasi di PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopela. , ”Saat ini kita masih ada PPKM. Ya dikonfirmasi.” Cikarang, Bekasi Day Kamis (2/6/2022). slot gacor

Kabar bahwa PPKM akan dicabut pada Agustus 2022 membuat Pandu Riono, dosen Departemen Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) marah, belum lama ini. Ia mengatakan PPKM akan dicabut dalam waktu dekat.

Hal itu menyusul Pandu menghadiri Konferensi Pengendalian Epidemi COVID-19 pada Minggu (29/5/2022) yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Pandu mengatakan akan ada transisi baru ke PPKM berdasarkan pertemuannya dengan Luhut. Dia mengatakan PPKM itu akan dibatalkan pada waktu yang sama pada bulan Agustus.

Menurut Pandu, PPKM tidak diperlukan jika pandemi COVID-19 sudah terkendali. PPKM dianggap darurat dan dapat dibatalkan setelah epidemi terkendali. Namun, dijadwalkan paling lambat Agustus 2022.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saxono Harbono mengatakan, rencana penghapusan PPKM saat ini sedang dibahas. Kementerian Kesehatan masih memantau dan mengevaluasi perkembangan nasional COVID-19.

Dante mengatakan pada Dengar Pendapat Komite (RDP) ke-9 Republik Demokratik Kongo (RDP) yang diadakan di Kompleks Senayan Jakarta, “Saat ini kami sedang mengevaluasi status PPKM yang akan dihapuskan dengan ahli epidemiologi.” Senin, 23 Mei. , 2022.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam rencana penghentian PPKM adalah angka reproduksi efektif (Rt). Rt adalah jumlah penambahan kasus COVID-19 di lokasi setelah menjalani berbagai intervensi.

Jika diperoleh angka Rt selama 2 minggu berturut-turut, maka kriteria standar aman. Jika angka Rt lebih besar dari 1, transfer tetap berjalan. Jumlah yang akan ditransfer diberikan oleh jumlah digit Rt.

Seperti yang dijelaskan Dante, “Jika kurang dari 2 bulan (Rt) masih kurang dari 1, maka status PPKM diperbarui setiap 2 minggu (refresh), dan jika Rt kurang dari 1 bulan, status PPKM diperbarui setiap 4 minggu. ” .

Saat ini perpanjangan PPKM berlaku mulai 24 Mei hingga 6 Juni 2022, sebagaimana disebutkan dalam InMendagri Directive yang berlaku setiap dua minggu sekali.

Hasil evaluasi PPKM yang dilakukan setiap dua minggu sekali, ditemukan situasi Corona 19 secara nasional membaik.

Peraturan PPKM Jawa – Bali adalah PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 3(3), Level 2(2) dan Level 1(1) Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19) Wilayah Jawa dan Bali.

Sedangkan peraturan PPKM di luar Jawa Bali disebutkan dalam PPKM (Keputusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Nomor 27 Tahun 2022, Menteri Dalam Negeri tentang Penyakit Virus Corona Kelas 2 (Level 2) dan Kelas 1 (Level 1). (COVID-19).-19). Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisamito membenarkan rencana penghapusan PPKM masih menunggu keputusan pemerintah. Saat ini PPKM sedang berlangsung dan berkembang di luar Jawa-Bali dan Jawa-Bali mulai 24 Mei hingga 6 Juni 2022.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar tentang rencana penghapusan PPKM oleh Muhajir Effendi, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pemerintah memiliki peluang bagus untuk mencabut PPKM secepatnya.

Muhajir mengatakan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (22/5/2022) bahwa ”masa PPKM akan berlanjut jika keadaan terkendali (dihapus/dibatalkan).

Meski demikian, Mohajer Effendi menegaskan, pemerintah masih mempertimbangkan dengan cermat pendapat berbagai pakar saat memutuskan penghapusan PPKM. Menurut dia, sangat mungkin pemerintah akan mencabut ketentuan PPKM dan akan segera dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *