Oktober 5, 2022
Spread the love

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta, mengatakan kawasan Susullawesi tergolong kawasan rawan gempa dan tsunami.

Untuk itu, direkomendasikan untuk memperluas kegiatan mitigasi gempa dan tsunami melalui mitigasi struktural dan non-struktural.

Menurut Eko Budi Liluno, Direktur Tata Geologi Kementerian ESDM, kemarin (Rabu, 6 Agustus 2022) gempa dahsyat berkekuatan M5.8 terjadi di kedalaman 10 km. Dampak di Kota Mamugo, Sulawesi Barat diperkirakan menimbulkan kerusakan kolateral. slot dana

“Jika goncangan gempa menimbulkan retakan pada tanah di bagian atas punggungan, perlu diwaspadai potensi pergerakan tanah akibat getaran seismik dan hujan deras,” kata Echo dalam keterangannya di Bandung, Kamis. 9 Juni 2022.

Eco mengatakan warga yang rumahnya rusak harus dievakuasi ke tempat yang aman, mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Penonton juga harus tetap waspada terhadap kejadian gempa susulan yang berperingkat kurang kuat.

Jangan memprovokasi isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait gempa dan tsunami,” kata Eko.

Eco menjelaskan, sebaran kawasan permukiman rusak gempa di Kabupaten Mamugo, Susullawesi, merupakan kawasan rawan bencana (KRB) untuk gempa sedang dan tinggi.

Namun gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami meski pusat gempa berada di laut.

Menurut data Badan Geologi, pantai Susullawesi tergolong kawasan rawan tsunami, sekitar 3,85 meter,” kata Echo.

Echo menambahkan, dampak gempa cukup kuat, menurut informasi dari Kispanpol, Sulawesi.

Guncangan gempa dirasakan di Mamugo di IV-V MMI (Modified Mercalian Intensity) dan Majin di IV MMI,” kata Eko.

Berdasarkan data lokasi, kedalaman, dan fokus episentrum BMKG dan GFZ Jerman, terjadinya gempa ini terkait dengan aktivitas sesar aktif, mekanisme sesar mendatar dengan komponen ke atas.

Pihak berwenang mengatakan wilayah Susullawesi didominasi oleh struktur geologi berupa garis yang umumnya berlipat dan sabuk dorong dengan lipatan yang relatif utara-selatan.

“Fisura yang naik ini diklasifikasikan pada sudut yang landai dan blok timur bergerak ke atas relatif terhadap blok barat bidang patahan,” kata Ecko.

Eko menjelaskan, jalur sesar naik ini terhubung dengan beberapa lipatan di bagian barat Sulawesi bagian barat. Garis patahan bullish ini diperkirakan akan berlanjut menuju tanah.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 2,74 derajat LS dan 118,54 derajat BT di Selat Makassar.

Gempa tersebut terjadi pada hari Rabu, 8 Juni 2022 pukul 12.32°BB di Samudra Pasifik pada kedalaman 10 km, sekitar 44,1 km barat daya Mamugo, ibu kota Provinsi Sulawesi. .

Menurut data USGS, pusat gempa berada pada kedalaman 23,6 km pada koordinat 118.537 BT dan 2,78 LS (M5.8) koordinat.

Meskipun catatan dari Badan Geologi Jerman GeoForschungsZentrum (GFZ), pusat gempa berada di 118,58 Bujur Timur dan 2,81 Lintang Selatan dan intensitas seismik (M5.9) pada kedalaman 35 km.

Rabu (6 Agustus 2022) pukul 13.32 WIB gempa berkekuatan 5,8 SR membuat ribuan warga Mamugo di Sulawesi Barat (Solbar) mengungsi. Tenda dibutuhkan karena banyak warga yang hanya membawa terpal sementara sebagai pelindung saat mengungsi.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mamujo dan Unsur Furkombeda pada Rabu malam (6 Agustus 2022). 

Pj Gubernur Sulawesi Barat mengatakan, “Langkah cepat yang dilakukan Pemkab untuk mendirikan posko pengungsian di berbagai titik dengan Furkobemda Solbar sudah sangat baik. Namun, tindak lanjut termasuk pangan masih diperlukan.” pemilik.

Akmal menambahkan, pemerintah perlu mengantisipasi kemungkinan gempa susulan, sehingga perlu mengedukasi warga tentang apa yang harus dilakukan di masa depan. Sulawesi Barat juga masuk dalam peta daerah rawan bencana.

Kami tidak dapat mengatakan bahwa telah terjadi bencana.”

Karena itu, berdasarkan pengalaman, pemetaan dan lokasi evakuasi sangat mendesak.

11.000 orang di arena Manakara dan 105 orang di Pusat Komando Lapangan Ahmed Kerang”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.