November 28, 2022
Spread the love

Menteri Perhubungan Jakarta Budi Karia Sumadi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Thohir menghadiri pembukaan peningkatan dan penataan aksesibilitas stasiun Pondok Rangi di Tangerang Selatan, Kamis (16/6/2022).

Dalam sambutannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Thohir menyampaikan bahwa kereta api merupakan tulang punggung transportasi umum dan dalam pembangunan pembangunan ekonomi. slot indo

Kemudian jika kita melihat infrastruktur pada masa penjajahan Belanda di Jawa, Sumatera dulu,” Eric Thoiher berkata: Saya membuat kereta api. Alhamdulillah ada kereta cepat haji sekarang.” 

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama antara Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah. Artinya, kereta api dan seluruh yang terkait baik pemerintah, dan masyarakat yang menggunakan kereta api menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Karena memang pembangunan daripada kawasan properti tidak mungkin tidak dilengkapi dengan fasilitas pelayanan publik,” pungkasnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) bersama PT Jaya Real Property Tbk (JRP) melakukan penataan dan pengembangan diStasiunPondok Ranji, Tangerang Selatan.

Dengan peningkatan kualitas ini, diharapkan masyarakat semakin mudah mengakses dan menggunakan transportasi umum massal yang terjangkau, termasuk KRL, yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Ke depan, Menteri Perhubungan ingin menerapkan bentuk kerja sama ini di bidang lain. Dan tidak lupa dukungan dari pemerintah daerah (Pemda) agar stasiun-stasiun kereta api semakin mudah dijangkau masyarakat sehingga nantinya jumlah pengguna angkutan massal KRL semakin meningkat, guna mengatasi masalah kemacetan di jalan raya.

Walikota Tangerang Selatan Irene Rashmi Diani menjelaskan inovasi ini mendukung terwujudnya Kota Tangerang Selatan yang mengutamakan pembangunan infrastruktur yang nyaman, modern dan ramah lingkungan.

Saat ini pembangunan konsep kawasan terpadu telah dimulai di stasiun di kota Tangerang Selatan di kawasan stasiun Rawa Punto dan sekarang di stasiun Pondok Rangi.

Peningkatan ini diharapkan juga memberikan nilai tambah yang optimal bagi aset KAI dan JRP, tambah Didek Hartanteo, Presiden Direktur KAI.

Pencapaian ini juga dilakukan dalam rangka menyambut hari jadi Republik Indonesia yang ketujuh puluh lima. Salah satu pengembangan yang telah dilakukan adalah penambahan pintu masuk dan keluar stasiun Pondok Rangi. Saat ini akses menuju stasiun hanya melalui Jl. WR Supratman dimana jalannya sempit dan padat.

Kedepannya, akses stasiun akan ditambah dengan kawasan pemukiman Bintaro Jaya yang letaknya berseberangan dengan Tol Jakarta Serpong. Akses baru akan dihubungkan ke terminal melalui jembatan konduktor yang sesuai. Selanjutnya, adanya akses baru dari dan ke stasiun dapat mengurangi kepadatan kendaraan di sekitar Stasiun Pondok Ranji.

Pelayanan juga ditingkatkan dengan menambah kapasitas tempat parkir kendaraan roda empat dari 26 menjadi 83, dan roda dua dari 400 menjadi 1200. Dengan bertambahnya jumlah tempat parkir diharapkan semakin banyak masyarakat yang beralih ke Moda transportasi KRL untuk menuju daerah sekitar Jabodetabek.

Pengembangan juga sedang dilakukan di kawasan komersial stasiun agar pengguna KRL bisa lebih nyaman selama berada di stasiun.

Saat ini Stasiun Pondok Ranji melayani rute KRL untuk rute Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkasbitung dengan volume penumpang harian rata-rata 3.546 penumpang per hari selama masa transisi PSBB. Pada waktu normal, jumlahnya rata-rata 10.892 penumpang per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *