Oktober 7, 2022
Spread the love

Laporan reporter freesia p

Jakarta – Riska Hermawan sukses menyerahkan medali emas kepada Indonesia di SEA Vietnam Games.

Dipasangkan dengan Ririn Rinasih, Riska tersingkir dari nomor ganda putri. Pahlawan Jawa Barat pertama mencetak 9.955 poin.

Riska sebelumnya pernah tampil di SEA Games 2017 di Malaysia, dimana saat itu dirinya dan Ririn hanya harus membawa medali perunggu.  bo slot terpercaya

Riska menceritakan awal mulanya di dunia pencak silat. Ia sudah mengenal seni bela diri asli Indonesia sejak kecil.

Wajar jika dia adalah cucu dari Ciung Wanara, Endang Yohana, pendiri pencak silat Sunda.

Sejak kecil, Riska sudah mengenal dunia pencak silat, sering berlatih atau mengikuti kursus-kursus latihan di Perguruan Silat.

Riska memulai debut profesionalnya di Silat sejak kelas 4 Sekolah Dasar (SD), dan tidak langsung turun ke nomor ganda putri pada awalnya.

Dia memulai perjalanan panjangnya mempelajari seni tunggal putri, dan pindah ke seni ganda putri ketika dia duduk di kelas enam.

Wanita kelahiran Bandung, 4 Maret 26 tahun lalu ini dididik langsung oleh almarhum kakek dari pihak ibu, namun sang ayahlah yang mendidiknya dari dulu hingga sekarang.

“Dulu, saya berlatih dengan almarhum ayah (kakek) saya,” kata Riska, Kamis malam.

Sejak SD Riska menjadi reguler dalam turnamen pencak silat, ia mengikuti Olimpiade Olahraga Pelajar Nasional (O2SN) dari SD hingga SMA.

Riska melakoni debut dewasanya pada 2016, mewakili wilayah Jawa Barat yang juga menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON).

Di dua ajang berbeda, tunggal putri dan ganda putri, Riska meraih dua medali perunggu.

Riska berkata, “Ya, saat itu lutut saya sakit, jadi ketika saya turun dua kursi untuk tampil, saya tidak sempurna, jadi saya akhirnya memenangkan perunggu.”

Di ajang olah raga berikutnya dalam empat tahun, Riska masih dengan pasangan yang sama hanya meraih medali emas di PON XX di Papua dan Jawa Barat sekali lagi menjadi juara umum Olahraga Pencak Silat.

Debut internasional pertama Riska datang saat ia berlaga di Marine Games ke-29 di Malaysia, di mana Riska dan Ririn meraih medali perunggu. (M39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.