Oktober 7, 2022
Spread the love

Presiden Indonesia G-20 tahun 2022 sangat istimewa. Bagaimana itu terjadi? Indonesia kini menjadi satu-satunya negara berkembang yang memegang tongkat masternya. Konferensi ini akan diadakan di Bali dari 15 hingga 16 November 2022.

G20 yang diselenggarakan di Bali diharapkan dapat menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi. Apalagi, seiring dengan penurunan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19, aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif mulai kembali meningkat. slot

Hal itu bisa membuktikan kebangkitan industri pariwisata Bali yang ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Ida Bagus Agung Partha Adyana, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), mengatakan pada acara peresmian Bali, Selasa (10/5/2022), jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Bali saat libur Lebaran mencapai 300.000. Di sisi lain, Wakil Presiden Maarouf Amin mengatakan tingkat vaksinasi booster di Bali sudah mencapai 68%.

Dengan perkembangan ini, diharapkan kegiatan pariwisata seperti liburan dan bekerja (bekerja di Bali) secara bertahap akan berkembang di pulau Dewata.

Selain pesona alam Bali yang menakjubkan, juga terdapat berbagai macam artefak rakyat Bali yang dapat dijadikan oleh-oleh. Saat berlibur di Bali, kamu bahkan bisa menghidupkan kembali perekonomian lokal dan nasional dengan #BeliKreatifLokal.

Pulang dari Bali tanpa membawa oleh-oleh memang tidak nyaman. Jadi, kami telah menyusun daftar 7 kerajinan Bali yang harus Anda beli saat bepergian.

Ikuti kami di akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTokpesonaindonesia untuk rekomendasi atraksi dan makanan khas lokal lainnya.

1. Tas Rotan

Tas rotan merupakan salah satu kerajinan khas Bali yang pasti sudah Anda berikan pada adat menenun dan menenun rotan yang sudah menjadi tradisi di Bali secara turun temurun.

Tas ini berbahan utama rotan dan memiliki pesona etnik karena bentuknya yang bulat. Meski terbuat dari bahan alami seperti rotan, tas ini tahan terhadap segala cuaca, hujan maupun panas.

Selain tas jerami tua, rotan yang dianyam dengan hati-hati menghasilkan topi, keranjang, sandal, dan berbagai dekorasi rumah. Omong-omong, jika Anda datang ke Jayaratan, Anda bisa melihat sendiri hasil kerajinan rotan yang berkualitas.

2. Potongan Topeng

Hadiah dari #BeliKreatifLokal saat jalan-jalan ke Bali Sculpture Mask. Topeng kayu ini memiliki beragam bentuk dan ekspresi, dari wajah manusia hingga makhluk spiritual.

Proses pembuatan yang rumit dari pembuatan satu topeng membuat kerajinan khas Bali ini unik. Selain itu, tangan pengrajin harus hati-hati memahat ekspresi pada topeng dan memberinya warna solid untuk membuat topeng yang terpahat sempurna. Anda dapat menemukan berbagai topeng ukiran di pasar seni atau toko suvenir Bali.

3. Perhiasan Perak

Ornamen perak sering dipilih sebagai oleh-oleh saat berlibur di Pulau Dewata. Anda bisa mengunjungi desa Selux Gianyar, pusat perhiasan emas dan perak.

Perak yang digunakan seniman Bali berbeda dengan Yogyakarta. Terutama karena ada beberapa perak hitam yang terbakar di atas putih.

Perhiasan emas dan perak ini dibuat dengan desain yang unik dan etnik mulai dari kalung, gelang hingga cincin, dan meski terlihat modern, namun desain Bali tetap kental.

4. Kain tradisional

Jika Anda sedang berlibur di Bali, Anda akan sering melihat turis mengenakan sarung khas Bali, kain celup tradisional lokal. Ternyata sarung adalah salah satu dari banyak kain yang bisa dipakai dengan baik.

Bali sudah terkenal dengan tekstil seperti kain ikat ganda dari desa Tinanan. Kain ini ditenun dengan hati-hati oleh wanita, menjadikannya sangat istimewa. Bahkan, beberapa membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk menyelesaikannya.

Pengerjaan yang halus dan canggih membuat sarung ini layak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

5. Kerajinan Batok Kelapa

Bali adalah harta karun pengrajin lokal, dengan kreativitas tanpa batas. Tempurung kelapa juga dapat dibuat menjadi kerajinan tangan yang praktis seperti perlengkapan rumah tangga, asesoris, bingkai foto, dan ceret.

Hanya limbah sekam yang disulap menjadi tali pandan dan pisang ukuran sedang saja, produk sabut kelapa memiliki nilai seni yang diminati anak muda. Berbagai bentuk biasanya digambar untuk menambah estetika batok kelapa.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda melihat sendiri bagaimana kerajinan ini dibuat di Desa Tampaksering Gianyar.

6. Patung Kayu

Jika Anda ingin melihat ukiran kayu Bali, pergilah ke Gianyar, pusat industri ukiran kayu terkenal di Bali.

Ukiran kayu Gianyar sangat bagus sehingga sering menjadikannya salah satu tempat yang wajib dikunjungi dalam itinerary turis asing saat berwisata ke Bali.

Wisatawan juga dapat menyaksikan proses pembuatan boneka kayu dari bahan baku berkualitas tinggi dan detail yang sangat halus. Berbagai jenis boneka kayu bisa Anda temui seperti dewa, binatang, dan makhluk mitos.

7. Lukisan Bali

Lukisan usang sangat cocok untuk hadiah mempercantik rumah. Lukisan-lukisan seniman Bali seringkali menampilkan gaya yang unik, mulai dari abstrak, hewan, alam dan wayang kulit hingga potret manusia.

Banyak tempat di Bali yang terkenal dengan lukisannya, seperti pasar seni. Untuk melihat lukisan Bali, kunjungi desa lukisan Batuan di Gianyar. Kami akan menampilkan berbagai jenis lukisan menggunakan teknik melukis yang berbeda.

Berikut adalah 7 kerajinan tangan representatif yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh di Pulau Dewata yang mempesona. Jadi Anda tidak hanya menikmati destinasi wisata yang menakjubkan, tetapi juga menikmati #BeliKreatifLokal di Bali dan berkontribusi pada pemulihan aktivitas ekonomi nasional.

Selain itu juga dapat menghidupkan kembali event-event pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Selain itu, menjelang KTT G20, pemerintah merencanakan berbagai acara sampingan di berbagai daerah untuk merevitalisasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Minbarigraph) Sandiaja Ono menargetkan dapat menciptakan 10.000 hingga 15.000 lapangan kerja baru di Indonesia selama pelaksanaan kepresidenan G20 di Indonesia. Hal itu diungkapkan Sandiaga usai bertemu dengan perwakilan negara-negara G20 pada Rabu lalu (20 April 2022).

“Tujuan kami adalah menciptakan 10.000 hingga 15.000 pekerjaan baru melalui acara tambahan ini,” kata Sandiaga.

Acara sampingan untuk mendorong munculnya UMKM adalah Audit Kreatif Indonesia (AKI) yang akan melakukan roadshow di 16 provinsi dan kota di Indonesia.

Ratusan usaha kecil menengah (UKM) Indonesia akan dibina melalui kamp pelatihan melalui AKI. UMKM yang terpilih nantinya akan berkesempatan untuk berpameran di 16 daerah/kota.

“Total UKM yang disiapkan melalui AKI merupakan boot camp dengan sekitar 500 perusahaan dan memberikan pelatihan pendampingan. Para pemenang final yang akan diadakan di Bali akan berpartisipasi, dan 20 UKM dari 16 kota akan berkunjung. ” kata Sandiaga.

Sudah siap berwisata bersama #BeliKreatifLokal di Bali? Jangan lupa terapkan protokol kesehatan 6M dan berikan imunisasi booster untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ini akan membuat perjalanan #WonderfulIndonesia Anda lebih mudah dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.