Desember 4, 2022
Spread the love

PT Toyota-Astra Motor memperkenalkan Kijang Innova EVConcept yang menggunakan tenaga listrik murni sebagai penggeraknya, di ajang Indonesian International Motor Show (IIMS) 2022.

Pada saat itu, tidak banyak informasi tentang spesifikasi yang dapat digali. Namun kemarin (25/5) di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, spesifikasi tersebut terungkap dalam simposium nasional dengan topik ‘100 Tahun Industri Otomotif Indonesia, Pencapaian Emisi Bersih Indonesia’.  link bola hari ini

Brosur yang dipresentasikan di UNDIP menyebutkan spesifikasi umum Toyota Kijang Innova EVConcept. Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan torsi 700 Nm pada kecepatan tertinggi 120 km/jam.

Paket baterai menggunakan spesifikasi lithium-ion 59,3 kWh. Baterai sub-paket #1 (27,4 kWh) berada di kompartemen mesin, baterai cadangan #2 (20,4 kWh) berada di bawah lantai, dan unit baterai di bawah. Ini adalah lantai pertama, dan paket memiliki Unit 3 (11,4 kWh) di ruang bawah tanah. Captain Innova EV Concept dikatakan mampu berlari hingga 280 km.

Informasi menarik lainnya adalah kecepatan pengisian daya tergantung pada jenis pengisi daya. Saat menggunakan pengisi daya 3 fase 45A, waktu pengisian adalah 4 jam. Di sisi lain, saat menggunakan pengisi daya satu fase, dibutuhkan 8 hingga 12 jam.

Keberadaan Kijang Innova EV Concept menjadi bukti kuat bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk membangun ekosistem manufaktur kendaraan listrik dengan basis brand nasional. Meski belum dalam tahap komersialisasi, Kijang Innova EV Concept telah melewati tahap standar Jaminan Mutu, Keselamatan, dan Transportasi (Kemenhub).

Toyota secara resmi menghadirkan konsep Kijang InnovaEV di Indonesian International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Meski model ini belum masuk produksi massal, pabrikan asal Jepang itu sudah melakukan langkah-langkah penjaminan mutu dan pemeriksaan keamanan internal.

Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto mengatakan setelah test drive: “Ini berbayar, tetapi penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept adalah untuk pembelajaran dan tujuan sosial

Henry melanjutkan, kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept semakin memperkuat komitmen merek tersebut kepada Negeri Matahari Terbit untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam program percepatan pengembangan industri kendaraan listrik nasional.

Hingga saat ini, Toyota Kijang Innova EV Concept merupakan mobil merek nasional dan merupakan mobil pertama yang didesain sepenuhnya bertenaga listrik (energy drive).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *